Tembus 125 Ribu Kasus, Satgas COVID-19 Sebut Indonesia Tak Separah Negara Lain
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Indonesia mencatatkan lebih dari 125 ribu kasus positif COVID-19 hingga Minggu (9/8) kemarin. Namun Satgas COVID-19 menilai situasi ini tak separah negara lain.

WowKeren - Sampai Minggu (9/8) kemarin, Indonesia sudah melaporkan total 125.396 kasus positif COVID-19. Namun dengan perkembangan kasus yang menembus hampir 2 ribu setiap hari tampaknya masih bisa ditanggapi "positif" oleh Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

Hal ini seperti diungkap oleh Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito. Wiku menyebut Indonesia saat ini menduduki peringkat ke-145 dari 215 negara dengan jumlah kasus positif COVID-19 terbanyak per 1 juta penduduk di dunia.

"Jadi (di Indonesia) ada 451 kasus per 1 juta penduduk. Indonesia urutan ke 145 dari 215 negara," jelas Wiku lewat tayangan video yang diunggah di akun YouTube resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Senin (10/8).

"Kalau kita bandingkan dengan negara lain, kita relatif tidak terlalu buruk," imbuh Wiku, menegaskan bahwa kondisi Indonesia tidak separah negara-negara lain, seperti dilansir dari Kompas. "Tapi kita harus tetap waspada."


Sebagai perbandingan, imbuh Wiku, seperti misalnya di Amerika Serikat yang mencatatkan 15.549 kasus per 1 juta penduduk. Data ini dihimpun merujuk pada sumber Worldometers dan Our World in Data per Sabtu (8/8) kemarin.

Kemudian Brasil juga mencatatkan sekitar 14.166 kasus per 1 juta penduduk. Atau Italia yang mencapai 4.137 per kapita hingga Australia dengan 2.432 pasien per 1 juta penduduk.

Memang secara total kasus positif COVID-19, Indonesia tergolong tinggi, bahkan terakhir masuk 25 besar dunia. Namun Wiku menilai jauh lebih tepat jika perkembangan wabah COVID-19 diamati dari per satuan jumlah penduduk.

"Sebenarnya kalau kita lihat lebih pas itu per satuan jumlah penduduk," tutur Wiku. "Jadi kalau kita lihat per satuan jumlah penduduk dan dilihatnya per negara, bukan dari satu wilayah tertentu."

Indonesia sendiri memang masih berjuang keras untuk mengendalikan pandemi virus Corona yang belakangan seolah semakin menjadi-jadi. Bahkan "gagapnya" penanganan COVID-19 di Indonesia turut menyita perhatian dunia, sampai Tanah Air ditempatkan sebagai peringkat ke-97 per 100 negara teraman dari virus Corona.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts