PHK di Inggris Naik Lima Kali Lipat Selama Pandemi COVID-19
Dunia

Ada sebanyak 1.778 perusahaan yang berencana pemutusan hubungan kerja 139 ribu karyawan. Setahun sebelumnya, angka tersebut hanya berkisar antara 345 perusahaan.

WowKeren - Jumlah perusahaan Inggris yang berencana memangkas jumlah pegawainya pada Juni 2020 dilaporkan melonjak lima kali lipat lebih tinggi dibandingkan pada bulan yang sama tahun sebelumnya. Kondisi ini menjadi pertanda buruk dari dampak ekonomi akibat pandemi virus corona (COVID-19).

Menurut laporan BBC, ada sebanyak 1.778 perusahaan memberi tahu pemerintah tentang rencana pemutusan hubungan kerja 139 ribu karyawan. Setahun sebelumnya, angka tersebut hanya berkisar antara 345 perusahaan dengan total 24 ribu orang yang harus kehilangan pekerjaan.

Dikutip dari Republika pada Senin (10/8), pemilik bisnis diharuskan memberi tahu Layanan Kepailitan jika berencana memangkas 20 pekerjaan atau lebih. Selama pandemi, pemerintah telah membayar gaji hampir 10 juta pekerja yang cuti. Para ekonom memperkirakan lonjakan pengangguran saat program itu berakhir pada Oktober mendatang.

Disebutkan bahwa ekonomi Inggris menyusut lebih dari 20 persen pada paruh pertama 2020 meskipun ada tanda-tanda pemulihan. Bank of England mengatakan ekonomi 2020 akan berakhir dengan 9,5 persen lebih kecil dari awal tahun.


Selain masalah pengangguran yang meningkat, Inggris pun berhadapan dengan jadwal masuk anak sekolah yang menjadi sorotan tersendiri. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan pemerintah memiliki kewajiban moral untuk memastikan anak-anak kembali ke sekolah bulan depan.

"Menutup sekolah kami lebih lama dari yang benar-benar diperlukan tidak dapat ditoleransi secara sosial, tidak dapat dipertahankan secara ekonomi, dan secara moral tidak dapat dipertahankan," ujar Johnson.

Sebagian besar siswa tidak masuk ruang kelas sejak Inggris memberlakukan karantina pada Maret. Beberapa anak usia sekolah dasar telah kembali. Sebagian besar sekolah Inggris memulai semester baru pada awal September, tetapi sekolah di Skotlandia mulai buka kembali pekan ini.

Sebagai informasi tambahan, Inggris telah mencatat sebanyak 310,825 kasus COVID-19 dengan lebih dari46,574 kematian yang dilaporkan. Sejauh ini, negara monarki tersebut berada di urutan ke-11 sebagai negara dengan jumlah kasus COVID-19 terbesar di dunia.

Sedangkan secara global, tercatat ada lebih dari 20 juta kasus COVID-19 di seluruh dunia, dengan 733,285 angka kematian. Ada lebih dari 12,8 juta pasien yang dinyatakan telah pulih sehingga saat ini kasus aktif COVID-19 menyentuh angka 6,388,105 orang.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru