'Gunung Sinabung' Trending Usai Kembali Erupsi, Karo Sumut Mendadak Gelap Imbas Abu Vulkanik
Nasional

Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara kembali erupsi pada Senin (10/8) pukul 10.16 WIB. Kolom abunya dilaporkan sampai sejauh 5 KM, menyebabkan sejumlah daerah sekitar mengalami gelap gulita.

WowKeren - Gunung Sinabung di Brastagi, Karo, Sumatera Utara dilaporkan kembali mengalami erupsi pada Senin (10/8), tepatnya sekitar pukul 10.16 WIB. Gunung ini sendiri memang berada pada Level III alias Siaga dan sempat "memuntahkan" sedikit muatannya pada Sabtu (8/8) kemarin.

Kembali erupsinya gunung setinggi 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini pun kembali menjadi sorotan publik secara luas. Bahkan kata kunci "Gunung Sinabung" pada Senin menjadi trending topic Indonesia, yang dipenuhi dengan beragam potret dan rekaman saat erupsi terjadi.

"Gunung Sinabung Erupsi disertai petir. Semoga aman dan sehat semua warga sekeliling gunung Sinabung," cuit @Ir***ah, yang turut mengunggah video menakjubkan ketika kolom abu tampak bergerombol di sekitar gunung.

Twitter

Dilaporkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), tinggi kolom abunya memang mencapai 5 ribu meter alias lima kilometer. "Benar, tadi kembali erupsi sekitar pukul 10.16 WIB. (Abu vulkanik) mengarah ke timur dan tenggara," jelas Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung PVMBG, Armen Putra, Senin (10/8).


\'Gunung Sinabung\' Trending Usai Kembali Erupsi, Karo Sumut Mendadak Gelap Imbas Abu Vulkanik

Twitter

Bahkan erupsi ini menyebabkan sejumlah desa di sekitar Gunung Sinabung ikut terdampak. Debu vulkanik tampak menyelimuti kawasan tersebut hingga terlihat gelap, bahkan ketika saat ini masih siang hari.

Twitter

"It is a nightmare. Gunung #sinabung meletus. Beberapa daerah bahkan mengalami blackout. Tuhan memberkati keluarga kita di sana. This video was taken around 10.00 AM. Tapi, gelapnya sudah seperti malam. God bless Taneh Karo," tulis @ipe****.

Twitter

"Jalan jalan ke gunung. Lewatnya depan pabrik aqua. Bukan mau pantun bego. Ini gelap kali depan pabrik aqua. Record time sekitar jam 12an. Btw yg erupsi gunung sinabung ya. Pabrik Aqua itu otw brastagi," imbuh @R3D****44.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait