Negara Ini Sudah 100 Hari Bebas Kasus Corona, Sukses Besar Tangani Pandemi?
Getty Images
Dunia
Pandemi Virus Corona

Negara ini telah mencatatkan pencapaian yang luar biasa dengan melaporkan 100 hari tidak ada kasus baru virus corona. Dapat menjadi contoh agar sukses menangani pandemi?

WowKeren - Pencapaian luar biasa telah ditunjukkan Selandia Baru dalam menangani pandemi virus corona (COVID-19). Pasalnya, Pemerintah Selandia Baru menyatakan jika negaranya telah menjalani 100 hari tanpa adanya penambahan kasus virus corona baru.

Dilansir dari BBC, Selandia Baru terakhir mengumumkan adanya kasus virus corona pada 1 Mei lalu. Kasus tersebut ditemukan setelah Selandia Baru mencabut lockdown dan mulai memberlakukan pelonggaran aktivitas di sejumlah sektor.

Meski berhasil mengendalikan penyebaran virus corona, namun Pemerintah Selandia Baru meminta masyarakatnya untuk tidak berpuas diri. Terlebih dengan berkaca pada negara lain, ada potensi jika virus corona kembali menyebar dalam bentuk gelombang baru.

”Mencapai 100 hari tanpa penularan komunitas adalah tonggak penting,” kata Direktur Jenderal Kesehatan, Dr Ashley Bloomfield seperti dilansir dari Global News pada Minggu (9/8). “Namun, seperti yang kita semua tahu, kita tidak bisa berpuas diri.”


”Kami telah melihat di luar negeri betapa cepatnya virus dapat muncul kembali dan menyebar di tempat-tempat yang sebelumnya terkendali,” sambungnya. “Dan kami perlu bersiap untuk segera membasmi setiap kasus yang akan datang di Selandia Baru.”

Tentunya nasib Selandia Baru tersebut jauh lebih baik dari sejumlah negara lainnya. Pasalnya, Selandia Baru hanya mencatatkan total 1.219 kasus virus corona sejak pertama merebak di negara tersebut pada akhir Februari lalu. Selain itu, angka kematian akibat COVID-19 di Selandia Baru total sebanyak 22 orang.

Sejumlah kebijakan Selandia Baru dalam melakukan lockdown hingga pesan kesehatan yang ekfektif dinilai menjadi kunci kesuksesan menangani pandemi. Selain itu, pelacakan yang agresif juga membuat Selandia Baru dapat menekan laju penyebaran virus corona dengan cepat.

Perdana Menteri (PM) Jacinda Ardern juga turut menyatakan kebahagiaannya atas prestasi negaranya yang telah 100 hari nihil kasus COVID-19. Ia juga turut mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan seperti biasa.

”Penanda (bebas 100 hari tanpa kasus baru corona) adalah tidak mengurangi risiko dari lonjakan infeksi lainnya,” ungkap Ardern. “Seratus hari adalah tonggak penting untuk ditandai, tetapi, sekali lagi, kami tetap harus waspada.”

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts