Heboh Ikan Mas 'Raksasa' Ditangkap di Danau Toba, Warga Khawatir Akan Ada Musibah
Facebook/Juliarson Saragih
SerbaSerbi

Kekhawatiran ini bukan tanpa alasan. Sebelumnya, hal serupa pernah terjadi sebelum peristiwa tragedi KM Sinar Bangun pada pertengahan 2018 lalu yang menewaskan ratusan orang.

WowKeren - Seekor ikan mas berukuran raksasa berhasil ditangkap oleh seorang warga di Tao Silalahi, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Penangkapan ini diketahui dari video viral di media sosial hingga menuai beragam komentar dari warganet.

Dalam video tersebut, terlihat ikan berukuran sangat besar hingga tampak harus dipeluk oleh warga yang hendak mengabadikan fotonya. "Berhasil mendarat dengan sempurna ikan mas 15 kg," tulis pengguna Facebook yang juga merupakan pemancing ikan mas itu.

Dalam video itu terlihat Juliarson bersama beberapa rekannya tengah memancing di Danau Toba. Video detik-detik penangkapan ini viral di media Facebook. Sontak, beragam masukan dari pengguna Facebook lainnya turut membanjiri kolom komentar.

Tak sedikit warganet yang menyarankan agar ikan tersebut dikembalikan ke tempat asalnya. Mereka khawatir jika ikan tersebut tak dikembalikan akan bisa menyebabkan bencana.

Kekhawatiran ini bukan tanpa alasan. Sebelumnya, hal serupa pernah terjadi sebelum peristiwa tragedi KM Sinar Bangun pada pertengahan 2018 lalu. Kala itu, seorang warga mendapat ikan mas raksasa. Berat ikan ini ditaksir mencapai 13,5 kilogram.


Setelah penangkapan ikan ini, peristiwa nahas pun terjadi dengan tenggelamnya KM Sinar Bangun. Tragedi ini menewaskan ratusan orang.

Tak pelak, warganet pun menilai jika sebaiknya ikan mas yang baru-baru ini ditangkap dikembalikan saja ke Danau Toba untuk menghindari hal serupa. Tak sedikit orang yang beranggapan jika ikan mas tersebut merupakan tanda musibah.

"Jadi ingat kejadian-kejadian di Danau Toba yang katanya berawal dari dapatnya ikan mas yang gede berujung bencana," ujar salah satu warganet. "Sebaiknya dilepas aja bang. Kasihan juga ikannya."

Selain karena anggapan khawatir muncul bencana, alasan warganet minta ikan tersebut dilepasliarkan adalah karena kasihan. Ikan sebesar itu jika dibiarkan di alam lepas akan bisa berkembang biak lebih banyak lagi sehingga baik untuk kelestarian alam.

"Kalau saya bagusnya dilepas aja udah segitu besarnya lagian sebentar lagi bertelur itu," sebut warganet. "Jadi, bisa dilestarikan biar makin banyak bibit ikan masnya tambah."

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts