72 Persen Warga Jabar Minta Bansos di Masa Pandemi Corona, Ridwan Kamil Ngadu ke Jokowi
Nasional

Sebagai informasi, Jokowi melakukan kunjungan kerja setengah hari ke Bandung, Jawa Barat, pada Selasa (11/8) hari ini untuk meninjau fasilitas produksi PT Bio Farma dan pelaksanaan uji klinis vaksin corona.

WowKeren - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa 72 persen warganya meminta bantuan sosial (bansos) di masa pandemi corona (COVID-19). Hal ini disampaikan Ridwan di hadapan Presiden Joko Widodo di Bandung, Jabar, pada Selasa (11/8) hari ini.

"Kemudian dari sisi ekonomi, saya agak sedih nih, Pak, sebelum COVID subsidi itu hanya 25 persen pada populasi. Sekarang 72 persen rakyat Jabar itu tangannya di bawah, Pak," tutur Ridwan. "Jadi Bapak bisa bayangkan dari 50 juta itu dua pertiga hampir tiga perempatnya itu posisinya meminta bansos-lah, kira-kira begitu. Jadi total penerimanya 10.700 ribu padahal kepala keluarga di Jabar penduduk terbesar di Jabar, ini hanya 14 juta."

Ridwan lantas mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat atas pemberian pinjaman ke Jabar, sehingga perekonomian diharapkan dapat kembali digerakkan. Diketahui, pemerintah pusat memberikan pinjaman senilai Rp 4,21 triliun.

"Jadi saya mengucapkan terima kasih atas kebijakan Bapak," jelas Ridwan. "Kami mendapatkan pinjaman daerah yang filosofinya sebenarnya adalah menggantikan uang yang kepakai COVID."


Dalam kesempatan tersebut, Ridwan juga sempat meminta dukungan Jokowi untuk meningkatkan kemampuan tes corona di wilayahnya. Pasalnya, jumlah tes corona di Jabar dinilai masih jauh lebih rendah dibanding DKI Jakarta.

"Di kapasitas testing Bapak Presiden, kami ini punya kelemahan, walaupun di level provinsi kami ini tertinggi setelah Jakarta," kata Ridwan. "Kami sudah melakukan 175 ribu (testing), agak jomplang dengan DKI Jakarta."

Menurut Ridwan, DKI kini sudah melakukan lebih dari 500 ribu tes corona dengan metode PCR. Oleh sebab itu, ia berharap pemerintah pusat dapat memberikan dukungan untuk meningkatkan jumlah tes corona di Jabar. "Jadi kami mohon dukungan untuk mengejar rasio pengetesan setinggi-tingginya," pungkas Ridwan.

Sebagai informasi, Jokowi melakukan kunjungan kerja setengah hari ke Bandung pada hari ini. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mengunjungi PT Bio Farma untuk melihat fasilitas produksi vaksin COVID-19 sekaligus meninjau pelaksanaan uji klinis tahap III vaksin corona Sinovac di Gedung Eyckman, Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru