Dibumbui Mistis, Erupsi Sinabung Dikaitkan Dengan Penangkapan Ikan Mas Jumbo di Danau Toba
BNBP
SerbaSerbi

Peristiwa erupsi Gunung Sinabung di Brastagi, Karo, Sumatera Utara, yang terjadi baru-baru ini, dikaitkan dengan penangkapan ikan mas raksasa sebesar 15 kg di Danau Toba beberapa waktu lalu. Berikut faktanya..

WowKeren - Gunung Sinabung di Brastagi, Karo, Sumatera Utara dilaporkan mengalami erupsi beberapa hari terakhir. Bahkan pada Senin (10/8), erupsi gunung setinggi 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini pun kembali menjadi sorotan publik hingga menjadi trending topic Indonesia.

Melihat peristiwa tersebut, seorang warganet pun menyebutkan jika erupsi ini berhubungan dengan kemunculan ikan mas sebesar 15 kg yang ditangkap warga di Danau Toba beberapa waktu lalu. Pasalnya, sejumlah warga menyebutkan mitos soal datangnya bencana seiring ditangkapnya ikan mas raksasa tersebut.

"Kemaren ada warga nangkap ikan emas 15kg di danau toba, dan hari ini #Sinabung meletus hhmmm. Dua tahun yg lalu ada juga warga yg nangkap ikan emas besar didanau toba terus ada tragedi kapal tenggelamEyes Apakah ini Faktor kebetulan ato memang ada sesuatu yg diluar nalar manusia?" cuit salah seorang warganet di Twitter.

Menanggapi isu tersebut, Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Armen pun buka suara. Ia dengan tegas telah menepis isu tersebut. "Nggak ada (kaitannya). Erupsi itu terjadi karena tekanan magma yang di gunung api," ujarnya.


Seperti yang diketahui, Gunung Sinabung sendiri sempat 'tertidur' kurang lebih 1 tahun sebelum meletus lagi pada Sabtu (8/8). Ada dua letusan yang terjadi saat itu hingga menyebabkan hujan abu di Karo.

Erupsi Sinabung kembali terjadi hari ini. Ada dua letusan yakni pada pukul 10.16 WIB dan 11.17 WIB. Hujan abu vulkanik pun menutupi kawasan sekitar Sinabung. Gunung tersebut masih berstatus level III atau siaga.

Sementara itu, penangkapan ikan mas di Danau Toba memang kerap disebut menyebabkan bencana. Salah satunya seperti peristiwa tragedi KM Sinar Bangun yang menewaskan ratusan orang pada pertengahan 2018 yang terjadi usai seorang warga mendapat ikan mas raksasa dengan berat ditaksir mencapai 13,5 kilogram.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait