Mungkinkah EXO Mau Perpanjang Kontrak dengan SM Entertainment di 2022?
Selebriti

Ada berbagai kemungkinan yang bisa diambil EXO usai kontrak mereka dengan SM berakhir. Mereka bisa memperpanjang kontrak, bergabung dengan agensi lain, atau membentuk label sendiri seperti yang dilakukan Super Junior.

WowKeren - Debut pada 2012, kontrak eksklusif EXO dengan SM Entertainment akan berakhir pada 2022. Hal ini pun menimbulkan pertanyaan apakah boy grup beranggotakan 9 orang tersebut akan memperpanjang kontrak dengan agensi mereka.

Ada berbagai kemungkinan yang bisa diambil EXO usai kontrak mereka dengan SM Entertainment berakhir. Mereka bisa memperpanjang kontrak, bergabung dengan agensi lain, atau membentuk label sendiri seperti yang dilakukan Super Junior.

Tahun lalu saat tampil di "Radio Star", Chen mengatakan bahwa ia tidak stres tentang pembaruan kontrak dan ingin melakukan apa yang ia cintai sebanyak yang ia bisa. MC Yoon Jong Shin yang merupakan CEO dan artis berkata kepada Chen bahwa ia harus mulai memikirkannya sekarang bukan ketika tahun itu tiba.

Di acara yang sama, para member EXO mengungkapkan kekecewaan mereka kepada SM dan pengabaian terhadap grup. Mereka juga tak puas atas kurangnya promosi album, video klip dengan budget yang minim serta tidak adanya tur internasional.


EXO sendiri telah membahas pembaruan kontrak mereka hanya dengan satu sama lain, bukan dengan SM. Para member mengatakan bahwa mereka memutuskan untuk tetap bersama entah itu tetap di SM atau pindah ke agensi lain. Beberapa mengartikan ini sebagai kode bahwa EXO akan memilih pindah atau membentuk label sendiri.

Mungkinkah EXO Mau Perpanjang Kontrak dengan SM Entertainment di 2022?

Source: Allkpop

Di salah satu vlog yang diunggah Chanyeol di channel YouTube video NNG, ia mengeluh, "Aku lelah hanya memiliki dua jadwal". Banyak fans menganggap ini sebagai Chanyeol yang mengisyaratkan bahwa ia menginginkan lebih banyak kesempatan dan jadwal untuk dirinya sendiri dan EXO-SC karena sebagian besar fans tahu EXO-SC tak pernah berpromosi di acara musik meski sudah memiliki dua album.

Selain itu, kurangnya kreativitas dan kebebasan juga dianggap akan menjadi salah satu faktor pertimbangan apakah EXO akan tetap di SM atau tidak. Selama 8 tahun debut, fans berpendapat bahwa EXO kurang diberikan kesempatan untuk menunjukkan karya mereka sendiri, terutama dalam penulisan lagu.

Di sisi lain, para member juga beberapa kali memuji SM Entertainment sebagai agensi yang baik. Yang pasti, fans akan tetap mendukung Suho dan kawan-kawan apa pun keputusan mereka terkait pembaruan kontrak nanti.

(wk/dewi)

You can share this post!

Related Posts