Joe Biden dan Kamala Harris Kompak Sindir Donald Trump di Pidato Perdana Sebagai Capres-Cawapres
Getty Images
Dunia

Dalam pidato di Delware, capres dan cawapres dari Partai Demokrat itu berjanji bahwa mereka akan kembali membangun AS yang tengah dalam kekacauan akibat Trump.

WowKeren - Calon Presiden AS dari Partai Demokrat, Joe Biden, kembali tampil ke publik untuk berpidato sembari memperkenalkan senator Kamala Harris sebagai calon wakil presidennya di Wilmington, Delaware, pada Kamis (13/8) waktu setempat.

Dalam pidato politiknya, Biden dan Harris tak segan mengkritik kepemimpinan Presiden Donald Trump. Capres dan cawapres dari Partai Demokrat tersebut mengatakan bahwa mereka akan kembali membangun AS yang tengah dalam kekacauan akibat Trump.

Dilansir dari CNN, Biden menyebut Trump gagal memimpin AS selama negeri Paman Sam menghadapi krisis akibat virus corona (COVID-19). Biden pun berjanji bahwa dia dan Harris akan memperbaiki kekacauan yang telah dibuat oleh Presiden Trump dan Wakil Presiden Mike Pence baik di dalam maupun luar negeri.

Senada dengan Biden, Kamala Harris juga menyinggung kepemimpinan Trump yang dinilainya tak mampu menangani masalah rasisme yang masih saja menjadi momok bagi keturunan kulit berwarna di AS. Harris menyerukan bahwa AS harus mengakhiri sejumlah konflik rasialisme yang belakangan terjadi.


Sebagai wanita kulit berwarna pertama yang menjadi pasangan calon presiden untuk partai besar AS, Harris mengatakan negaranya mesti menyudahi masalah rasisme yang berkepanjangan. "Rasisme dan ketidakadilan sistemik yang telah membawa koalisi baru, hati nurani ke jalan-jalan negara kami untuk menuntut perubahan," kata wanita keturunan India tersebut.

Di sisi lain, Joe Biden mengumumkan kabar terpilihnya Kamala Harris sebagai cawapresnya setelah proses pencarian ketat selama sebulan terakhir. Pengumuman ini dibagikan secara langsung oleh Biden melalui akun Twitter pribadinya. "Saya mendapat kehormatan besar untuk mengumumkan bahwa saya telah memilih Kamala Harris 'si kecil pejuang tak kenal takut'," tulis Biden dalam cuitannya.

Penunjukan Harris mendapat beragam reaksi dari sejumlah politikus AS, termasuk mantan presiden Barrack Obama dan Bill Clinton hingga mantan menteri luar negeri Hillary Clinton. Hillary Clinton dalam cuitannya menyambut keputusan bersejarah yang dibuat Biden atas penunjukan Harris. Senada, Bill Clinton juga menyebut Biden telah membuat keputusan tepat atas penunjukan Harris.

Kamala Harris akan membuat sejarah sebagai wakil presiden kulit hitam dan perempuan keturunan India pertama di AS jika nanti dirinya dan Joe Biden terpilih di pemilu November mendatang.

Sebagai informasi tambahan, sejumlah pihak memang mendesak Biden untuk memilih wanita sebagai wakil, terutama dari ras kulit hitam selaku kaum minoritas di AS. Desakan disampaikan oleh lebih dari 200 perempuan kulit hitam melalui sebuah surat terbuka.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait