Luhut Ternyata Sempat Khawatir Saat Pariwisata Bali dan Banyuwangi Kembali Buka
Nasional

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga menerangkan bahwa pemerintah optimis dapat meraup devisa hingga USD 15 miliar dari pembukaan kembali sektor pariwisata ini.

WowKeren - Sektor pariwisata di Banyuwangi, Jawa Timur, dan Bali telah kembali dibuka di tengah pandemi virus corona (COVID-19). Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan lantas mengaku sempat khawatir terkait hal ini.

Pasalnya, Luhut menilai pembukaan kembali wisata Banyuwangi dan Bali dapat meningkatkan jumlah wisatawan domestik. Ia khawatir hal ini dapat meningkatkan jumlah kasus positif COVID-19.

Namun kini Luhut mengaku bahwa kekhawatirannya tidak terbukti. Kasus COVID-19 di Bali disebut menurun dan tingkat kesembuhannya juga meningkat.

"Ini yang hal yang perlu kita contoh, yang tadi saya khawatirkan dengan adanya turis ini dibuka maka Bali mungkin akan naik (kasus positifnya)," tutur Luhut dalam webinar pada Rabu (12/8). "Tapi ternyata tidak begitu."


Lebih lanjut, Luhut menerangkan bahwa pemerintah optimis dapat meraup devisa hingga USD 15 miliar dari pembukaan kembali sektor pariwisata ini. Menurut Luhut, perekonomian nasional akan dapat digerakkan dengan ajakan berwisata bagi masyarakat Indonesia.

"Di Indonesia saja, saya beri gambaran bapak ibu sekalian, sekarang ini kan belum ada umrah dan haji karena ada COVID," jelas Luhut. "Kita juga belum ada berobat ke luar negeri, belum ada turis ke luar negeri perjalanan, dinas ke luar negeri. Kita menyimpan potensi lebih dari 15 miliar dollar AS yang ada dana itu dalam negeri."

Oleh sebab itu, Luhut kembali merayu masyarakat Indonesia untuk berwisata. Namun tentu saja dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan menjaga kebersihan objek wisata yang dikunjungi.

Sebagai contoh, Banyuwangi dan Bali disebut Luhut telah menunjukkan keamanan dan kenyamanan berwisata dalam kondisi adaptasi kebiasaan baru (AKB) di tengah pandemi corona. Luhut menyebut bahwa hasil pembukaan kembali sektor pariwisata di Bali dan Banyuwangi sangat menggembirakan.

"Tadi saya sudah singgung di Banyuwangi dan Bali hasilnya sangat menggembirakan sampai hari ini. Banyuwangi kelihatan sekali turisnya sangat tertib, Bali juga demikian sehingga ekonomi mereka juga berjalan," pungkas Luhut. "Sama seperti di tempat bapak ibu sekalian itu juga saya pikir akan berpengaruh manakala dilakukan dengan baik."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru