Siap-Siap, Gelombang V Kartu Pra Kerja Bakal Dibuka Akhir Pekan Ini
Nasional
Kartu Pra Kerja

Pemerintah akan membuka kembali gelombang pendaftaran baru peserta Kartu Pra Kerja pada akhir pekan ini. Berikut penjelasan lengkap dari PMO Kartu Pra Kerja.

WowKeren - Salah satu kebijakan yang disiapkan pemerintah untuk mengatasi dampak ekonomi pandemi COVID-19 adalah Kartu Pra Kerja. Lewat program ini, pengangguran hingga korban pemutusan hubungan kerja (PHK) bisa mendapatkan insentif sembari mengikuti pelatihan gratis yang diberikan pemerintah.

Pekan lalu gelombang IV Kartu Pra Kerja sudah dibuka untuk 800 ribu orang. Dan kekinian dilaporkan gelombang V-nya siap dibuka pada Sabtu (15/8) akhir pekan ini.

"Mereka yang belum menjadi penerima Kartu Pra Kerja dapat mendaftar di Gelombang V," kata Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Pra Kerja, Louisa Tuhatu. "(Peserta bisa berasal dari seluruh provinsi di Indonesia) termasuk mereka yang diusulkan oleh Kemenaker/BPJS-TK."

Sedianya Gelombang V akan dibuka pada Sabtu pukul 12.00 WIB. Sedangkan untuk Gelombang IV sendiri pendaftarannya sudah diakhiri pada Rabu (12/8) pukul 00.00 WIB.

Tercatat ada 1,2 juta orang yang mendaftar di Kartu Pra Kerja Gelombang IV, sedangkan kuotanya mencapai 800 ribu orang. Nantinya peserta yang bisa mendapatkan manfaat Kartu Pra Kerja Gelombang IV akan menerima SMS pemberitahuan dari PMO.


"Pada hari Minggu, 16 Agustus 2020, Manajemen Pelaksana Program Kartu Pra Kerja akan mengirimkan SMS pemberitahuan," tutur Louisa, dilansir dari Kompas, Kamis (13/8). "Kepada mereka yang menerima Kartu Pra Kerja Gelombang IV."

Sedangkan untuk besaran insentifnya masih sama seperti gelombang-gelombang sebelumnya. Yakni sebesar total Rp 3,55 juta yang akan dibagikan pada beberapa kesempatan dan metode.

Pertama voucher senilai Rp 1 juta untuk mengakses pelatihan yang ditawarkan mitra Kartu Pra Kerja. Beberapa diantaranya seperti Ruang Guru, Tokopedia, hingga Sisnaker.

Kemudian selama pelatihan berlangsung 4 bulan, peserta akan mendapatkan insentif senilai Rp 600 ribu per bulannya. Lalu terakhir ada insentif senilai Rp 150 ribu yang diberikan kepada peserta usai mengisi survei, total terdapat 3 survei.

Belum diketahui bagaimana mekanisme pendaftaran Gelombang V Kartu Pra Kerja. Namun bila merujuk pada Gelombang IV, maka peserta bisa mengakses pendaftaran secara daring (online) maupun luring (offline).

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts