Tiongkok Temukan Virus Corona di Produk Ayam Beku Impor Dari Brasil
Dunia
Pandemi Virus Corona

Sebuah sampel sayap ayam beku yang diimpor dari Brasil ke kota Shenzhen di Tiongkok, dinyatakan positif terinfeksi COVID-19. Kasus COVID-19 pada makanan beku bukanlah hal yang pertama kali terjadi.

WowKeren - Tiongkok menemukan virus corona (COVID-19) pada sampel sayap ayam beku yang diimpor dari Brasil ke kota Shenzhen. Pelacakan kontak pun dilakukan terhadap orang-orang yang bersentuhan langsung dengan produk makanan terkontaminasi virus ini.

Dilansir Reuters, Kamis (13/8), otoritas kesehatan Kota Shenzhen segera melakukan pelacakan dan memeriksa setiap orang yang mungkin melakukan kontak dengan produk makanan beku tersebut. Ditegaskan oleh otoritas kesehatan kota Shenzhen bahwa sejauh ini tidak ada yang dinyatakan positif Corona.

Pada Rabu (12/8) waktu setempat, otoritas Tiongkok mendapatkan bahwa jejak virus Corona ditemukan pada kemasan udang yang diimpor dari Ekuador. Sejak Juli lalu, beberapa kota di Tiongkok juga melaporkan kasus serupa.


Bahkan baru-baru ini juga ditemukan kasus COVID-19 baru yang berasal dari makanan beku impor, seperti di Dalian, sebuah kota pelabuhan. Hal ini mendorong otoritas Tiongkok untuk menangguhkan impor dari tiga produsen makanan laut di Ekuador.

Sebelumnya, Tiongkok sempat menemukan kasus corona baru yang terdeteksi pada kemasan makanan laut beku impor. Menurut surat kabar setempat, Beijing News, melaporkan bahwa virus corona telah ditemukan pada talenan yang digunakan untuk kemasan salmon impor di pasar Xinfadi.

Sementara itu, Selandia Baru juga mengalami persoalan serupa diman banyak kasus baru COVID-19 dimana penderitanya tidak melakukan perjalanan ke luar negeri sama sekali. Otoritas setempat pun melakukan investigasi akan hal tersebut.

Menurut investigasi sementara menduga jika asal muasal virus berasal dari barang impor. "Kami tahu virus dapat bertahan hidup dalam lingkungan berpendingin untuk beberapa waktu," kata Direktur Jenderal Kesehatan Ashley Bloomfield.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts