Jauhkan dari Router, 7 Benda di Rumah Ini Ternyata Bisa Membuat Sinyal WiFi Melemah
Tekno

Tanpa disadari, sebenarnya ada beberapa benda di rumah yang dapat menyebabkan sinyal WiFi melemah. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

WowKeren - Kebutuhan internet di tengah pandemi virus Corona seperti saat ini memang sangat penting untuk menunjang berbagai aktivitas seperti WFH dan belajar dari rumah. Karena itulah tak heran jika masyarakat rela mengeluarkan banyak uang agar kebutuhan internetnya selalu tercukupi.

Selain menggunakan paket internet untuk ponsel, tak sedikit masyarakat yang memasang WiFi di rumah. Cara ini memang cukup efisien karena dapat digunakan oleh seluruh anggota keluarga secara bersamaan, hemat biaya hingga sangat kompatibel untuk segala jenis perangkat.


Namun terkadang pengguna WiFi mengeluhkan koneksi internet yang lambat atau bahkan mati. Sehingga tak sedikit dari mereka yang langsung mengeluh pada provider tanpa melakukan kroscek terlebih dahulu. Karena ternyata masalah WiFi lemot tak hanya terbatas pada provider, namun juga disebabkan oleh kehadiran beberapa benda yang dapat melemahkan sinyalnya.

Oleh sebab itu penting untuk mengetahui berbagai benda tersebut agar Anda dapat menjauhkannya dari router. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini .

(wk/eval)

1. Cermin


Cermin

Benda pertama yang bisa melemahkan sinyal WiFi adalah cermin, terutama yang berukuran besar. Sifat cermin yang dapat memantul juga berlaku pada gelombang sinyal. Sehingga ketika router memancarkan sinyal, cermin akan bertindak sebagai perisai yang akan memantulkan sinyal tersebut. Akibatnya, sinyal WiFi akan menjadi tidak stabil dan lemot.

Seperti halnya cermin, jendela kaca juga dapat memantulkan sinyal WiFi karena memiliki sifat yang hampir sama. Karena itulah sebaiknya hindarkan router dari dua benda ini agar sinyal WiFi Anda tetap kuat dan aktivitas berselancar di internet dapat berjalan dengan baik.

2. Benda Berbahan Logam dan Furnitur Rumah


Benda Berbahan Logam dan Furnitur Rumah

Meski tampak sepele, berbagai benda maupun furnitur rumah yang berbahan logam dan baja ternyata juga dapat membuat sinyal WiFi melemah. Karena itulah jika Anda ingin sinyal WiFi di rumah tetap kuat, sebaiknya jauhkan berbagai benda tersebut dari router.

Hal ini sendiri dapat terjadi karena logam merupakan konduktor yang sempurna dengan kemampuan menyerap aliran listrik. Akibatnya, gelombang elektronik yang dipancarkan oleh router akan langsung diserap oleh benda berlapis logam atau baja yang ada di sekitarnya.

3. Dinding Batu Bata


Dinding Batu Bata

Setiap rumah pasti memiliki dinding yang berfungsi sebagai pemisah ruangan. Namun perlu diketahui bahwa beberapa jenis dinding ternyata dapat melemahkan sinyal WiFi, khususnya untuk dinding yang terbuat dari batu bata, marmer, semen, beton dan plester.

Itulah kenapa dinding dapat menghambat penyebaran sinyal di berbagai penjuru rumah, terutama jika rumah Anda merupakan bangunan yang luas dan bertingkat. Untuk mengatasinya, sebaiknya letakkan router di tempat terbuka yang tidak terhalang oleh dinding.

4. Kulkas dan Mesin Cuci


Kulkas dan Mesin Cuci

Jika Anda memiliki kulkas dan mesin cuci di rumah, sebaiknya letakkan jauh-jauh dari router. Karena tanpa disadari, dua peralatan elektronik ini ternyata dapat menjadi penyebab WiFi lemot. Kok bisa?

Selain karena memiliki bahan berlapis logam, mesin cuci dan kulkas juga dilengkapi dengan pipa yang berfungsi sebagai sirkulasi air yang dapat mempengaruhi sinyal WiFi. Hal ini disebabkan karena air dapat menahan gelombang nirkabel dan membuat sinyal WiFi memburuk.

5. Microwave


Microwave

Benda rumah berikutnya yang menjadi pemicu sinyal WiFi melemah adalah microwave. Peralatan dapur satu ini memiliki spektrum frekuensi yang mirip dengan WiFi serta dapat mengalirkan gelombang sinyal hingga 2,4 GHz. Akibatnya, sinyal tersebut akan mengganggu kinerja WiFi.

Oleh sebab itu jika router Anda terletak di dekat microwave, sebaiknya angkat ke area yang lebih tinggi. Hal ini penting dilakukan untuk mengurangi dampak negatif dari koneksi yang ditimbulkan oleh microwave.

6. Monitor


Monitor

Benda di rumah selanjutnya yang dapat menjadi penyebab WiFi lemot adalah monitor teknologi nirkabel dengan frekuensi 2,4 GHz yang sama dengan WiFi. Sama seperti pada kasus microwave, dua atau lebih perangkat elektronik yang memiliki frekuensi sama tidak akan bisa bekerja dengan maksimal. Akibatnya, monitor dapat menyebabkan sinyal WiFi melemah jika diletakkan berdekatan dengan router.

Tapi tenang, sebab Anda tetap bisa mengakalinya kok. Cara pertama, Anda bisa menempatkan monitor dengan frekuensi tersebut berjauhan dengan router. Yang kedua, sebaiknya gunakan laptop atau monitor yang memiliki frekuensi lebih rendah dari WiFi yang Anda gunakan. Dengan begitu, sinyal WiFi di rumah Anda akan tetap kuat dan aktivitas berselancar di internet takkan terganggu.

7. Lampu Natal


Lampu Natal

Memasang lampu warna-warni saat Natal tiba bisa membuat suasana Hari Raya di rumah semakin meriah. Namun siapa sangka jika lampu-lampu itu ternyata dapat membuat sinyal WiFi melemah. Hal ini disebabkan karena chip berkilau di dalam lampu Natal dapat menghasilkan medan magnet yang akan berinteraksi dengan gelombang listrik dari router. Oleh sebab itu, sebaiknya jauhkan router dari lampu Natal ketika Anda merayakannya.

Demikian tujuh benda di rumah yang dapat melemahkan sinyal WiFi. Simak juga artikel ini untuk mengetahui rekomendasi aplikasi Android yang dapat memperkuat sinyal WiFi. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai rekomendasi modem berkualitas yang bisa digunakan saat WFH.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait