Dijamin Enggak Bikin Gerah, Ini 8 Tips Tidur Nyenyak Tanpa AC dan Kipas Angin di Tengah Cuaca Panas
SerbaSerbi

Ada beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan agar dapat tidur nyenyak tanpa AC dan kipas angis bahkan di tengah cuaca panas. Penasaran apa saja itu? Simak informasinya berikut ini.

WowKeren - Karena puncak musim kemarau terjadi mulai Agustus, beberapa waktu terakhir cuaca di sebagian wilayah Indonesia terasa sangat panas. Akibatnya, berbagai aktivitas akan sedikit terganggu karena kita merasa cepat gerah dan mudah kehilangan tenaga.

Salah satu aktivitas yang cukup terganggu saat cuaca sedang panas-panasnya adalah tidur. Meskipun sudah menyalakan kipas angin, tak sedikit dari kita yang merasa kegerahan. Akibatnya, tidur menjadi tidak nyenyak dan kita mudah terbangun saat malam hari.


Belum lagi jika listrik tiba-tiba padam atau AC dan kipas mendadak rusak. Kita pasti akan merasa sangat jengkel karena kualitas tidur akan semakin terganggu. Padahal, tidur merupakan aktivitas penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia karena dapat meningkatkan kesehatan fisik, mempertajam fungsi otak hingga menjaga kestabilan emosi.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan menghadirkan beberapa tips tidur nyenyak tanpa AC dan kipas angin saat cuaca panas. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Mandi Sebelum Tidur


Mandi Sebelum Tidur

Tips pertama yang bisa Anda coba adalah mandi sebelum tidur. Hal ini penting dilakukan untuk membuat suhu tubuh menurun. Anda bebas memilih ingin mandi air dingin atau air hangat, karena keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Mandi air dingin tak hanya dapat menurunkan suhu tubuh, namun juga bisa menghilangkan keringat yang menempel di badan. Dengan begitu, Anda akan merasa segar dan bisa tidur nyenyak.

Di sisi lain, mandi air hangat juga memiliki manfaat yang tak kalah mengagumkan, bahkan lebih baik daripada mandi air dingin sebelum tidur. Pasalnya mandi air hangat bisa membuat pembuluh darah di bawah kulit melepaskan hawa panas, sehingga aliran darah akan menjadi lebih dingin. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah beradaptasi dengan suhu yang panas saat sedang tidur.

2. Perhatikan Makanan yang Anda Konsumsi Sebelum Tidur


Perhatikan Makanan yang Anda Konsumsi Sebelum Tidur

Meski tampak tidak berhubungan, memperhatikan makanan yang dikonsumsi sebelum tidur ternyata cukup berpengaruh pada kualitas tidur. Sebaiknya hindari makanan berminyak karena dapat membuat sistem pencernaan Anda bekerja lebih keras saat tidur dan memproduksi panas berlebih di dalam tubuh.

Selain itu, usahakan untuk tidak makan dalam jumlah banyak sebelum tidur karena dapat membuat sistem metabolisme bekerja keras saat tidur serta meningkatkan suhu tubuh. Jika benar-benar lapar sebelum tidur, sebaiknya konsumsi air dingin atau makanan dingin seperti semangka. Makanan jenis ini diklaim dapat mendinginkan suhu tubuh.

3. Buka Jendela Kamar


Buka Jendela Kamar

Jika ingin tidur nyenyak tanpa merasa gerah, sebaiknya atur suhu ruangan tetap dingin dan pastikan kamar Anda tidak pengap. Salah satu caranya adalah dengan membuka jendela kamar untuk membiarkan udara segar masuk ke dalam ruangan.

Anda bisa membuka jendela saat siang atau malam hari ketika sedang tidur. Namun sebaiknya waspadai keadaan sekitar juga ya. Membuka jendela tanpa terali besi dapat mengundang pencuri masuk ke dalam rumah. Selain itu, sebaiknya jangan buka jendela jika kamar Anda bersebelahan dengan kebun karena bisa membuat nyamuk masuk ke dalam rumah.

4. Matikan Lampu


Matikan Lampu

Salah satu penyebab suhu ruangan menjadi sangat tinggi adalah penggunaan berbagai alat elektronik, termasuk lampu. Hal ini dikarenakan lampu akan memancarkan energi panas jika terus menerus dinyalakan. Akibatnya, suhu di dalam ruangan akan sangat tinggi dan Anda bisa merasa kepanasan.

Oleh sebab itu jika ingin tidur nyenyak tanpa bantuan kipas angin atau AC, sebaiknya matikan lampu di dalam kamar. Namun bila Anda tak bisa tidur dalam keadaan gelap, Anda bisa menggunakan lampu pijar kecil dengan watt yang rendah.

5. Gunakan Sprai dari Katun


Gunakan Sprai dari Katun

Menggunakan sprai yang tepat juga bisa membantu Anda tidur nyenyak tanpa kegerahan bahkan saat cuaca sedang panas-panasnya. Sebaiknya gunakan sprai berbahan katun dengan warna terang untuk memberikan sensasi dingin dan memantulkan panas. Hal ini disebabkan karena katun merupakan material yang mudah "bernafas", sehingga bisa memabntu Anda tidur dengan lebih nyenyak.

Selain itu, usahakan untuk memakai pakaian nyaman dan longgar yang memiliki bahan lembut serta tipis seperti katun. Pakaian jenis ini dapat mencegah tubuh kepanasan saat sedang tidur. Dan yang tak kalah penting, sebaiknya hindari pakaian ketat dengan bahan yang membuat gerah seperti poliester. Pakaian ini akan membuat Anda susah bernafas dan merasa tidak nyaman saat tidur.

6. Pakai Bantal Buckwheat


Pakai Bantal Buckwheat

Menggunakan bantal buckwheat atau yang berisi kulit ari gandum juga bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak di tengah cuaca panas. Bantal jenis ini tidak akan menyerap panas tubuh, sehingga bisa membuatnya tetap terasa dingin. Bila perlu, Anda bisa memasukkan bantal tersebut ke dalam freezer selama satu jam dan gunakan saat akan tidur.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bantal berukuran kecil agar tubuh tidak kegerahan sata tidur. Bantal berukuran lebih kecil seperti bantal sofa dapat membuat kepala terasa lebih dingin sehingga tidak mudah kepanasan saat tidur.

7. Dinginkan Titik Nadi dan Jaga Temperatur Tubuh


Dinginkan Titik Nadi dan Jaga Temperatur Tubuh

Agar tidak kepanasan saat tidur, usahakan untuk menjaga temperatur badan tetap stabil. Caranya adalah dengan mendinginkan titik-titik nadi seperti pergelangan tangan dan leher untuk menurunkan suhu tubuh. Urat nadi sangat dekat dengan kulit, sehingga jika ia merasakan sensasi dingin maka temperatur tubuh akan stabil.

Untuk melakukan itu, Anda bisa meletakkan kain basah di leher dan pergelangan tangan serta merendam kaki di dalam ember yang berisi air segar untuk mendapatkan sensasi dingin. Setelah itu, baringkan tubuh Anda dan rasakan manfaat baiknya saat tidur.

8. Tidur sendirian


Tidur sendirian

Jika terbiasa tidur dengan pasangan, teman atau saudara, Anda bisa tidur sendiri untuk sementara waktu agar tidak kegerahan saat cuaca panas. Karena jika Anda berbagi tempat tidur, udara yang ada di sekitar kasur akan terasa lebih panas. Dengan tidur sendirian, Anda bisa beristirahat dengan nyenyak tanpa merasa kepanasan meski tidak menyalakan kipas angin atau AC.

Demikian delapan tips tidur nyenyak di tengah cuaca panas yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips mudah mendapatkan tidur berkualitas. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui bahaya yang mengintai jika terlalu sering tidur di lantai.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru