Herd Immunity Bisa Picu Kematian Massal, Ini Peringatan Pakar Kesehatan AS Anthony Fauci
Dunia

Amerika Serikat masih belum dapat membendung kasus virus corona yang terus melonjak. Pakar Kesehatan AS Anthony Fauci kini memberikan peringatan bahaya herd immunity.

WowKeren - Amerika Serikat (AS) hingga saat ini masih menjadi negara penyumbang kasus virus corona di dunia. Negeri Paman Sam ini seolah tidak berdaya dalam melawan pandemi yang telah menginfeksi lebih dari 5,2 juta warganya hingga Sabtu (15/8).

Banyaknya kasus COVID-19 di AS memang berpotensi menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity). Namun, Direktur Institut Penyakit Menular dan Alergi AS, Anthony Fauci langsung memperingatkan dampak fatal jika Amerika tidak bisa menekan laju penyebaran.

Dilansir New York Post, kegagalan AS dalam meredam pandemi dinilai Fauci akan menciptakan tingginya korban jiwa, khususnya pada masyarakat yang rentan. Akibatnya, herd immunity justru dapat memicu kematian massal.

Fauci menyampaikan hal ini dengan berkaca pada jumlah warga AS yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta. Diantaranya adalah tekanan darah tinggi, obesitas, hingga diabetes. Berbagai faktor kesehatan seseorang tersebut dinilai dapat memicu terjadinya berbagai komplikasi jika terinfeksi virus corona.


“Jika semua orang terkena virus, meski proporsi masyarakat yang tidak bergejala tinggi maka tetap akan ada banyak korban jiwa,” jelas Fauci seperti dilansir dari New York Post, Sabtu (15/8). “Anda melihat Amerika Serikat, dengan tingkat obesitas yang telah menjadi epidemik.”

”Dengan banyak sekali yang memiliki tekanan darah tinggi, dengan banyak sekali yang menderita diabetes,” sambungnya. “Angka kematiannya akan sangat besar dan tidak bisa diterima.”

Lebih lanjut Fauci menjelaskan mengenai konnsep kekebalan atau herd immunity suatu kelompok yang bisa tercapai jika 70-90 persen anggota populasi memiliki imunitas terhadap suatu penyakit. Imunitas ini bisa dicapai lewat tertular penyakit dan kemudian sembuh, atau vaksinasi.

Saat jumlah tersebut tercapai, maka herd immunity baru dapat dikatakan aman karena virus corona akan sulit menginfeksi penyakit pada orang yang belum memiliki kekebalan. Menurut Fauci, hal ini disebabkan karena jumlah carrier (orang yang membawa virus) sangat kecil.

Meski demikian, Fauci memperingatkan skenario tersebut dapat berubah menjadi bencana bagi tenaga kesehatan. Pasalnya, herd immunity secara otomatis akan langsung memicu ledakan pasien yang membuat rumah sakit kewalahan. Dampaknya, korban akan berjatuhan dan terancam meninggal dunia karena tidak bisa ditangani dengan maksimal.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait