Sambut HUT RI, Bank Indonesia Siap Rilis Uang Rp75.000 Hari Ini
Nasional

Bank Indonesia telah mengungkap desain lembaran uang edisi khusus untuk menyambut HUT RI ke-75 pada 17 Agustus. Pecahan uang Rp75.000 ini bergambar Presiden-Wapres RI sekaligus Bapak Proklamator Soekarno dan Mohammad Hatta.

WowKeren - Suasana perayaan 17 Agustus tetap meriah meski di tengah Pandemi Corona. Terbukti, masyarakat menjadikan sejumlah tagar berkaitan dengan HUT RI ke-75 viral di sosial media dan menempati trending topik di Twitter.

Tagar tersebut diantaranya Dirgahayu Indonesia, Dirgahayu Republik Indonesia, Happy Independence, Indonesia Maju hingga #HutKe75RI. Yang menarik, Bank Indonesia ternyata juga akan merilis lembaran uang baru untuk menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Nantinya, mata uang yang akan dirilis yakni pecahan Rp75 ribut. Sebelumnya, beredar kabar kalau sosok yang akan tampil di pecahan uang baru itu adalah mendiang mantan Presiden RI, Gus Dur.

Lembaran Uang Edisi Khusus

Rumor Lembaran Uang Bergambar Gus Dur

Namun ternyata kabar tersebut terbantahkan. Bank Indonesia telah resmi mengungkap kalau sosok yang akan muncul adalah Presiden Pertama RI Soekarno dan Wakil Presiden Pertama RI Mohammad Hatta.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti pada Bisnis.com mengungkap kalau BI akan merilis uang baru pecahan Rp75.000 bergambar Proklamator RI Soekarno-Mohammad Hatta. Desain uangnya berlatar kereta api dan pengibaran bendera saat Proklamasi Kemerdekaan 1945.


Lembaran Uang Edisi Khusus

Desain Resmi Uang Rp75 Ribu

Rencananya, peluncuran uang pecahan Rp75.000 akan dilakukan hari ini, Senin, 17 Agustus. Gubernur BI dijadwalkan merilis uang tersebut bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani secara virtual, yang bisa disaksikan di akun Youtube Bank Indonesia sekitar pukul 11:15 WIB.

Netizen agaknya sudah tak sabar menantikan perilisan uang Rp75.000 yang kabarnya bakal dicetak 75 juta lembar. Mereka pun membanjiri kolom komentar di Instagram Bank Indonesia.

"Pecahan Rupiah 75rb hoax apa real?" tanya netter. "Min @bank_indonesia nanti jam 11 siang BI beneran mau launching uang pecahan 75.000 baru live di IG, FB dan Youtube??? apa hoax?" seru netter.

Sebelumnya pihak BI juga pernah merilis uang baru dalam rangka perayaan HUT ke-50 tahun RI dengan nama Seri 50 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Uang ini berupa uang koin yang terbuat dari emas dengan nominal Rp850.000 dan Rp300.000. "Setiap edisi dikeluarkan dengan kemasan yang menarik dan unik sehingga sering dijadikan sebagai cenderamata," kata pihak BI.

(wk/riaw)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru