Diduga Kelelahan Tangani COVID-19, PM Jepang Shinzo Abe Masuk Rumah Sakit
Dunia

PM Jepang Shinzo Abe melakukan pemeriksaan rutin ini dua kali dalam setahun. Pemeriksaan pada Senin adalah tindak lanjut dari pemeriksaan pada Juni sebelumnya.

WowKeren - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe masuk rumah sakit pada Senin (17/8). Sumber pemerintah setempat mengatakan jika Abe menjalani pemeriksaan medis.

Dilansir Reuters, sumber tersebut melanjutkan jika Abe mungkin kelelahan akibat menangani pandemi COVID-19. Usai tujuh jam lebih berada di RS Abe akhirnya kembali ke rumahnya.

Kantor berita Kyodo mengutip sumber di kantor Abe menyebut jika "Abe menjalani berbagai pemeriksaan saat tidak sedang bekerja di hari libur," sembari menegaskan jika kondisi perdana menteri baik-baik saja.

Hal senada juga disampaikan oleh Menteri Kesehatan Katsunobu Kato. Ia meyakini jika pemeriksaan medis yang dilakukan Abe adalah hal yang rutin dilakukan sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

"Yang saya tahu adalah dari laporan media," kata Kato masih dilansir Reuters. "Dan saya mengerti itu dilaporkan sebagai pemeriksaan rutin."


Terakhir, Abe melakukan pemeriksaan medis rutin pada 13 Juni lalu. Dalam setahun, sang perdana menteri umumnya melakukan pemeriksaan ini dua kali. Apa yang dilakukan pada Senin kemarin adalah tindak lanjut dari pemeriksaan pada bulan Juni sebelumnya.

Sebelumnya, ketua panel pajak Partai Demokrat Liberal Akira Amari, menyebut jika Abe kemungkinan menderita kelelahan karena harus bekerja secara terus-menerus di tengah pandemi ini. Namun karena rasa tanggung jawab yang tinggi, Abe dinilainya akan merasa bersalah jika mengambil hari libur.

"Saya ingin dia istirahat," kata Amari pada program berita Fuji TV. "Dia memiliki rasa tanggung jawab yang kuat dan merasa mengambil istirahat itu salah."

Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga juga mengatakan hal serupa. "Saya menemui perdana menteri setiap hari, dan saya pikir dia tidak memiliki masalah (kesehatan) sama sekali," ujarnya.

Terkait kondisi kesehatan Abe, banyak bermunculan spekulasi dari media Jepang. Termasuk salah satunya laporan rinci terkait bagaimana kecepatan berjalan Abe. Bahkan salah satu majalah mingguan menyebut Abe sempat muntah darah di kantornya pada 6 Juli.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait