Viral Baju Adat Di Uang Rp75 Ribu Disebut Dari Tiongkok, Ini Faktanya
SerbaSerbi

Pemerintah telah meluncurkan uang Rp75.000 dalam peringatah HU RI. Namun, baju adat dalam pecahan uang itu justru disebut berasal dari Tiongkok hingga gegerkan media sosial.

WowKeren - Pemerintah Indonesia telah meluncurkan uang baru pecahan Rp75.000 dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke-75. Namun, baru-baru ini muncul isu yang menghebohkan di media sosial seputar mata uang tersebut.

Salah satu akun di media sosial menyatakan jika salah seorang dalam uang tersebut memakai baju adat dari Tiongkok. Pada awalnya, akun ini mempertanyakan asal baju adat tersebut. Pertanyaan tersebut langsung ditimpali dengan akun lain yang menyatakan pakaian adat itu berasal dari Tiongkok.

Baju Adat Tiongkok1

Twitter

Namun, pernyataan tersebut langsung dibantah oleh Sahabat Pandu Kalimantan Utara, Prayoga Bayu. Ia menjelaskan jika gambar pakaian adat itu sebenarnya adat Tidung yang berasal dari Kaltara.

Prayoga mengatakan pakaian adat itu dipakai oleh seorang anak SD 041 Tarakan dalam mata uang Rp75 ribu itu. Adapun pemotretan foto tersebut dilakukan pada tahun 2019 lalu dimana anak tersebut difoto di depan rumah adat Tidung.


”Itu baju adat asli Kalimantan utara. Baju adat Tidung dari Suku Tidung,” kata Prayoga seperti dilansir dari Detik, Selasa (18/8). “Sekarang jadi baju adat Provinsi Kalimantan Utara.

Baju Adat Tiongkok2

Twitter

”Peruri sendiri yang foto ke Tarakan, Kalimantan Utara, dan modelnya anak SD 041 Tarakan,” sambungnya. “Itu tahun 2019 dan fotonya langsung di Kota Tarakan, di halaman baloy adat Tidung, rumah adat Tidung di Kalimantan utara.”

Prayoga juga membantah keras adanya narasi yang menyebut jika model tersebut merupakan orang Tiongkok lantaran bermata sipit. Ia mengatakan jika suku Tidung masuk dalam suku Dayak dan tersebar dari Kalimantan Utara hingga Malaysia.

”Sebenarnya suku Tidung itu masuk ke dalam suku Dayak Tidung, makanya sipit,” terang Prayoga. “Tapi dalam sejarahnya, suku Tidung tidak mau dibilang suku Dayak, karena juga suku Tidung beragama Islam, tersebar di Kalimantan Utara hingga Semenanjung Malaysia.”

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait