Penampilan EVERGLOW Di Acara Militer Korea Buat Agensi Kena Penalti Dari Pemerintah Tiongkok
Musik

EVERGLOW yang berada di bawah naungan Yuehua Entertainment saat ini tengah menghadapi teguran dari pemerintah Tiongkok. Hal ini antara lain karena keikutsertaan mereka dalam acara militer Korea pada Juni lalu.

WowKeren - Girl grup EVERGLOW yang berada di bawah naungan Yuehua Entertainment saat ini tengah menghadapi teguran dari pemerintah Tiongkok. Hal ini antara lain karena keikutsertaan mereka dalam acara militer Korea pada Juni lalu.

Menurut laporan outlet media Chosun, EVERGLOW telah melakukan pertunjukan hiburan di konser hiburan militer pada bulan Juni 2019. Ini adalah praktik umum di antara para idola di Korea Selatan, karena banyak yang pergi untuk tampil untuk tentara yang berada di bawah wajib militer.

Namun, hal ini membuat agensi mereka, Yuehua Entertainment mendapat penalti dari Unit Penegakan Hukum Administrasi Pasar Budaya Beijing. Seperti yang diketahui, Yuehua Entertainment awalnya adalah perusahaan Tiongkok yang membuat anak perusahaan di Korea Selatan untuk meluncurkan grup K-Pop.


Hukuman tersebut mengutip pelanggaran terhadap undang-undang yang melarang pertunjukan atau pameran yang merugikan kehormatan nasional dan pribadi, termasuk yang menunjukkan dukungan untuk militer asing. Hukuman dapat berkisar dari peringatan hingga denda atau bahkan penangguhan.

Jika serius, kelompok tersebut akan kehilangan hak untuk mengikuti kegiatan budaya asing atau bahkan penyelidikan kriminal. Hal ini sebagian besar akan mempengaruhi salah satu anggota EVERGLOW yakni Yiren mengingat dia adalah warga negara Tiongkok. Tidak jelas apakah anggota grup lainnya terkena dampak serupa karena mereka adalah warga negara Korea, meskipun mereka berada di bawah perusahaan Tiongkok.

Hingga kini masih tidak ada berita hukuman untuk EVERGLOW yang dirilis ke publik. Hal ini berarti, girl grup tersebut hanya mendapatkan teguran atau denda dari pemerintan Tiongkok. EVERGLOW sendiri telah tampil di acara militer di Korea Selatan dua kali sejak debut mereka.

Hubungan Korea-Tiongkok sendiri sudah lama diketahui tidak baik. Hal ini mengakibatkan penerapan sistem Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) sebelumnya, yang membuat Tiongkok melarang impor dan pertunjukan Korea Selatan di negaranya hingga pemberitahuan lebih lanjut. Bagaimana menurut kalian?

(wk/putr)

You can share this post!

Related Posts