'Dynamite' Debut No. 1, BTS Cetak Sejarah Musisi Korea Pertama Rajai Billboard Hot 100
Musik
BTS Cetak Sejarah di Billboard

'Dynamite' mengambil posisi teratas di Billboard Hot 100, mencetak sejarah dengan menjadikan BTS sebagai musisi Korea pertama yang merajai tangga lagu bergengsi tersebut.

WowKeren - "Dynamite" membuat debut yang luar biasa di Billboard Hot 100. Single baru BTS (Bangtan Boys) itu mengambil posisi teratas, mencetak sejarah dengan menjadikan grup sebagai musisi Korea pertama yang merajai tangga lagu bergengsi tersebut.

Billboard telah mengumumkan 10 teratas di Hot 100 untuk minggu yang berakhir pada 5 September, dengan tangga lagu yang memeringkat lagu-lagu paling populer di Amerika Serikat di semua genre berdasarkan streaming, pemutaran radio, dan data penjualan.

"Dynamite" yang merupakan lagu berbahasa Inggris baru BTS telah memasuki tangga lagu di peringkat pertama. Ini adalah peringkat tertinggi di tangga lagu yang diraih oleh grup yang beranggotakan semua orang Korea.

\'Dynamite\' Debut No. 1, BTS Cetak Sejarah Artis Korea Pertama Rajai Billboard Hot 100

Source: Billboard


Menurut Nielsen Music / MRC Data, "Dynamite" mencapai 33,9 juta streaming di Amerika Serikat dan 300.000 penjualan pada minggu pertama, yang berakhir pada 27 Agustus. Single ini memperoleh 11,6 juta tayangan radio di minggu yang berakhir pada 30 Agustus.

Tak hanya itu, "Dynamite" mencapai 265.000 unduhan yang terjual di minggu pertama. Single yang dirilis BTS untuk penyemangat di tengah masa sulit akibat pandemi COVID-19 ini mencatat total penjualan minggu pertama keseluruhan 300.000 termasuk versi fisik vinyl dan kaset.

Dengan begitu, "Dynamite" memiliki peringkat lebih tinggi dari "Gangnam Style" milik PSY yang mencapai posisi 2 pada 2012. Kyu Sakamoto kelahiran Jepang adalah artis Asia pertama yang menduduki peringkat 1 di tangga lagu dengan "Sukiyaki" selama tiga minggu di 1963. Billboard mencatat bahwa Far*East Movement menduduki puncak Hot 100 selama tiga minggu pada 2010 dengan "Like a G6," dan grup tersebut memiliki dua member keturunan Korea pada saat itu.

Sebelumnya, lagu BTS yang lain "ON" memulai debutnya di Billboard Hot 100 pada Maret di posisi 4, mencapai peringkat tertinggi mereka pada saat itu dan skor tertinggi untuk grup Korea. "Dynamite" juga menempati peringkat teratas di tangga lagu Digital Song Sales minggu ini dan mencapai peringkat 3 di tangga lagu Streaming Songs. Billboard akan memperbarui situsnya dengan bagan minggu ini tepatnya pada 1 September waktu setempat.

Sementara itu, BTS menampilkan "Dynamite" untuk pertama kalinya di MTV Video Music Awards 2020 pada 30 Agustus dan menyapu semua penghargaan yang dinominasikan untuk mereka, menghasilkan total empat trofi termasuk Best Group, Best K-Pop, Best Choreography dan Best Pop. Selamat atas prestasi membanggakan BTS!

(wk/chus)

You can share this post!

Related Posts