Menaker Buka Suara Soal Kemungkinan Subsidi Gaji Dilanjutkan Hingga 2021
Instagram/idafauziyahnu
Nasional

Subsidi gaji ini rencananya akan diberikan hingga Desember 2020. Menteri BUMN Erick Thohir pun sempat membuka peluang program subsidi gaji bisa diperpanjang.

WowKeren - Bantuan langsung tunai (BLT) untuk pegawai bergaji di bawah Rp 5 juta per bulan rencananya hanya akan disalurkan hingga Desember 2020. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah lantas buka suara tentang kemungkinan program subsidi gaji tersebut diperpanjang pada 2021 mendatang.

Menurut Ida, pemerintah akan mengevaluasi efektivitas program subsidi gaji tersebut dalam membantu masyarakat dan ekonomi dalam negeri yang terimbas pandemi corona. Hal tersebut harus dilakukan sebelum menentukan apakah program tersebut akan dilanjutkan hingga tahun depat atau tidak.

"Tentu pertama sekali lagi kami akan melihat efektivitas program ini untuk kepentingan dongkrak perekonomian nasional," jelas Ida dalam keterangan resminya, Kamis (3/9). "Tentu akan melihat kondisi perekonomian pada 2021."

Ida menjelaskan bahwa pemerintah akan melakukan evaluasi secara bertahap. Hal ini juga dilakukan terhadap seluruh program pemulihan ekonomi nasional (PEN) di tengah pandemi virus corona.


Program subsidi gaji senilai Rp 600 per bulan tersebut diketahui juga sudah masuk dalam program PEN 2020. "Program subsidi gaji atau upah ini dialokasikan di anggaran 2020, masuk dalam anggaran PEN," tutur Ida.

Sementara itu, pemerintah telah menyediakan anggaran senilai Rp 37,7 triliun untuk program subsidi gaji ini. Dari target 15,7 juta pekerja, pemerintah baru bisa menyalurkan BLT ke 1,9 juta orang pekerja per Selasa (1/9) lalu.

Ida mengungkapkan bahwa pemerintah mengalami sejumlah kendala dalam menyalurkan BLT tersebut. Salah satunya adalah nomor rekening peserta BPJS Ketenagakerjaan yang tidak aktif.

Oleh sebab itu, Ida mengimbau para pekerja menyetorkan nomor rekening yang masih aktif sehingga penyaluran BLT bisa dilakukan dengan cepat. "Kami ingin sampaikan ke teman-teman pekerja untuk menyerahkan nomor rekening aktif untuk memberikan kemudahan kepada kami dalam mentransfer ke teman-teman pekerja," pungkas Ida.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir telah membuka peluang program subsidi gaji bisa diperpanjang. Ia berharap dengan bantuan dari pemerintah ini bisa mendorong daya beli masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait