RI Terus Laporkan 3 Ribuan Kasus Corona Dalam Sehari, Satgas Singgung Kedisiplinan Warga
Nasional

Kasus COVID-19 Indonesia tercatat sudah tujuh kali melampaui angka 3.000 dalam sehari. Penambahan di atas 3.000 kasus ini bahkan juga terjadi dalam lima hari terkahir secara berturut- turut.

WowKeren - Indonesia melaporkan 3.444 kasus virus corona (COVID-19) baru pada Minggu (6/9). Dengan demikian, jumlah kasus COVID-19 di Tanah Air kini telah mencapai 194.109 orang dengan lebih dari 8.000 korban jiwa.

Dengan ini, kasus COVID-19 Indonesia juga tercatat sudah tujuh kali melampaui angka 3.000 dalam sehari. Penambahan di atas 3.000 kasus ini bahkan juga terjadi dalam lima hari terkahir secara berturut- turut.

Menurut juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, angka tersebut disebabkan oleh adanya peningkatan aktivitas masyarakat. Wiku menilai meningkatnya mobilitas masyarakat tidak disertai dengan kesadaran untuk menjalankan protokol kesehatan.

"Itu menunjukkan penularan yang meningkat karena kedisiplinan masyarakat menjalankan protokol kesehatan yang belum optimal," jelas Wiku pada Minggu (6/9).

Namun demikian, Wiku memastikan pemerintah tetap akan melakukan berbagai upaya untuk membuat masyarakat tertib menerapkan protokol kesehatan. Wiku menyebut kampanye protokol kesehatan akan semakin digencarkan dengan pelibatan aparat TNI-Polri serta tokoh masyarakat hingga tokoh agama.


"Ada berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah. Polisi melakukan penegakan disiplin berbasis komunitas, Satpol PP mengaktifkan penegakan kedisiplinan di fasilitas umum," terang Wiku. "Selain itu, Satgas menggerakkan tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam kampanye protokol kesehatan."

Di sisi lain, 3.444 kasus COVID-19 baru yang dilaporkan kemarin berasal dari 28 provinsi karena ada enam provinsi yang melaporkan nihil kasus baru. Melansir data Kementerian Kesehatan yang diunggah BNPB Indonesia, DKI Jakarta kembali menjadi penyumbang tertinggi dengan 1.176 kasus COVID-19 baru.

Setelah itu ada Jawa Timur yang melaporkan 303 kasus COVID-19 baru dan Sumatera Barat yang melaporkan 244 kasus COVID-19 baru. Di peringkat keempat ada Jawa Tengah yang melaporkan 233 kasus COVID-19 baru, dan disusul oleh Sulawesi Selatan dengan 209 kasus COVID- 19 baru.

Sementara itu, Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) mengungkapkan bahwa berdasarkan laporan yang ada, keterisian rumah sakit yang menerima pasien COVID-19 menunjukkan peningkatan. Terutama dalam ruang-ruang yang membutuhkan perawatan khusus seperti ICU yang diperuntukkan untuk pasien berat dan kritis.

Menurut Sekretaris Jenderal Persi, Lia Partakusuma, peningkatan ini terjadi di provinsi yang kasus coronanya juga meningkat. Lia juga menjelaskan bahwa saat ini ada sekitar 839 rumah sakit rujukan COVID-19 di Indonesia. Sedangkan total tempat tidur isolasi di rumah sakit mencapai sekitar 23.500.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait