Olimpiade Tokyo Dipastikan Tetap Berlangsung pada 2021 Meski Pandemi COVID-19 Tak Mereda
Reuters
Dunia

Sebelumnya, Olimpiade 2020 ditunda karena pandemi COVID-19. Namun, keputusan telah dibuat untuk memastikan Olimpiade Tokyo akan terlaksana pada 23 Juli 2021 mendatang.

WowKeren - Wakil Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), John Coates, bersikukuh mengatakan bahwa Olimpiade Tokyo akan tetap berlangsung pada tahun 2021 mendatang, dengan atau tanpa adanya pandemi COVID-19.

"Olimpiade akan berlangsung dengan atau tanpa COVID-19. Olimpiade akan dimulai pada 23 Juli tahun depan," kata Coates, yang mengepalai Komisi Koordinasi Komite Olimpiade Internasional untuk Olimpiade Tokyo.

"Pertandingan itu akan menjadi, temanya, Pertandingan Rekonstruksi setelah kehancuran akibat tsunami," tambahnya, mengacu pada bencana gempa bumi dan tsunami di timur laut Jepang pada tahun 2011. "Perhelatan ini akan menjadi pertandingan yang menaklukkan COVID, cahaya di ujung terowongan."

Lebih lanjut, Coates mengatakan pemerintah Jepang sama sekali tidak melepaskan tongkat estafetnya menyusul penundaan Olimpiade tahun 2020 ini. "Sebelum pandemi, (Presiden IOC) Thomas Bach mengatakan ini adalah pertandingan dengan persiapan terbaik yang pernah kami lihat, arena hampir semua selesai, sekarang sudah selesai, areanya luar biasa, semua pengaturan transportasi, semuanya baik-baik saja," tambahnya.

"Sekarang setelah ditunda satu tahun, penundaan itu memberikan tugas yang sangat besar dalam hal mengamankan kembali semua tempat ... seperti 43 hotel yang harus kami keluarkan dari kontrak itu dan bernegosiasi ulang selama setahun kemudian. Sponsor harus diperpanjang setahun, berikut hak siar," papar Coates.


Menurut Coates, dengan sebagian besar pekerjaan yang sedang berlangsung, atau diselesaikan, satuan tugas telah dibentuk untuk melihat skenario yang berbeda pada tahun 2021, dari bagaimana kontrol perbatasan akan memengaruhi pergerakan atlet dan tim, hingga apakah penggemar dapat menyaksikan pertandingan secara langsung. Kelompok yang terdiri dari pejabat Jepang dan IOC itu bertemu untuk pertama kalinya minggu lalu.

"Tugas mereka sekarang adalah melihat semua persiapan berbeda yang akan diperlukan agar Olimpiade bisa berlangsung," kata Coates melanjutkan. "Beberapa negara akan mengendalikannya (COVID-19), beberapa tidak. Kami akan kedatangan atlet yang datang dari berbagai negara, di mana beberapa negara itu mampu menangani pandemi dan sebagian lainnya yang tidak mampu mengatasinya. Ada 206 tim, jadi ada tugas besar yang harus dilakukan pemerintah Jepang."

Sebelumnya, Olimpiade 2020 ditunda karena pandemi COVID-19. Namun, keputusan telah dibuat untuk memastikan Olimpiade Tokyo akan terlaksana pada 23 Juli 2021 mendatang.

Berbagai spekulasi sempat berkembang tentang apakah Olimpiade layak diselenggarakan atau tidak, dilihat dari sebagian besar perbatasan Jepang yang masih ditutup untuk kunjungan warga asing dan ketersediaan vaksin COVID-19 yang masih akan didapatkan beberapa bulan atau tahun lagi.

Kendati demikian, pejabat Jepang juga telah menjelaskan bahwa mereka tidak akan menunda Olimpiade untuk kedua kalinya setelah 2021. Bahkan berdasarkan jajak pendapat baru-baru ini menemukan hanya satu dari empat orang di Jepang yang menginginkan Olimpiade diadakan tahun depan. Sisanya, sebagian besar mendukung penundaan atau pembatalan.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait