Kolam Renang Sudah Dibuka, Intip 7 Tips Aman Ini Jika Ingin Berwisata Ke Waterpark Saat Pandemi
Pixabay
Travel

Kolam renang dan beberapa waterpark kini sudah dibuka kembali. Namun meski sudah diijinkan buka, tentu para pengunjung harus mematuhi beberapa protokol kesehatan. Seperti apa?

WowKeren - Pemerintah Indonesia telah menyiapkan berbagai protokol kesehatan pencegahan virus corona (COVID-19) yang akan diterapkan dalam new normal. Sejumlah sektor yang telah dibuka pemerintah nantinya wajib menerapkan protokol kesehatan.

Salah satu aktivitas yang diperbolehkan untuk dibuka kembali adalah kolam renang dan beberapa waterpark. Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 membolehkan kolam renang dibuka kembali sebagai sarana olah raga untuk umum di tengah pandemi virus corona.

Namun meski sudah diijinkan buka, tentu para pengunjung harus mematuhi beberapa protokol kesehatan. Berikut tim WowKeren rangkum 8 tips aman berwisata ke waterpark atau kolam renang agar terhindar dari virus corona. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Pilih Waterpark Yang Mengikuti Protokol Kesehatan


Pilih Waterpark Yang Mengikuti Protokol Kesehatan
Pixabay

Sebelum memilih bermain di waterpark, sebaiknya kalian mengecek aturan dan standar kebersihan di sana. Ini adalah salah satu tips aman berenang di kolam renang umum saat pandemi. Pastikan air kolam renang didisinfeksi secara rutin menggunakan klorin dengan kadar 1-10 ppm atau bromin dengan kadar 3-8 ppm sehingga pH air mencapai 7,2 sampai 8.

Selain itu, area kolam renang juga harus didisinfeksi. Tanyakan, apakah kolam renang yang kalian datangi membatasi pengunjung dan waktu berenang atau tidak. Lalu, cek apakah ada pengisian formulir self asessment risiko COVID-19 bagi pengunjung untuk memastikan kondisinya sehat.

2. Bawa Peralatan Renang Sendiri


Bawa Peralatan Renang Sendiri

Tips aman berenang di kolam renang umum saat pandemi, berikutnya adalah membawa perlengkapan renang pribadi dan jangan berbagi dengan orang lain. Kalian disarankan untuk menjaga barang-barang agar tetap dekat dan tidak berbagi dengan teman atau sesama pengunjung selama pandemi.

Jika kalian pergi bersama keluarga, ajarkan pada anak-anak agar tidak meminjamkan perlengkapan renang, seperti ban, pelampung, dan kaca mata renang ke orang lain. Selain itu, gunakan handuk dan alat bilas pribadi demi menjaga kebersihan masing-masing pengunjung.

3. Gunakan Masker Sampai Sebelum Berenag


Gunakan Masker Sampai Sebelum Berenag
Pixabay

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memberikan pedoman agar kalian tetap menggunakan masker sampai sebelum masuk ke dalam air. Ini karena virus corona tidak menular melalui air kolam renang, melainkan dari permukaan-permukaan yang ada di area kolam renang.

Memang ada beberapa virus dan parasit yang ditularkan melalui air, tetapi Coronavirus tidak ada di antara mereka. Justru, potensi penularan yang harus diwaspadai adalah dari kerumunan pengunjung yang datang ke pantai atau ke kolam renang, bukan karena kegiatan berenang. Jadi kalian tidak diperbolehkah menggunakan masker di dalam air, karena ini membuat sulit bernapas.

4. Tetap Jaga Jarak


Tetap Jaga Jarak
Pixabay

Para pengunjung diminta untuk lebih fokus pada mempraktikkan cara menjaga jarak dan kebersihan secara fisik ketika berada di dekat air. Ketika anak-anak bermain air di kolam, mereka sering sangat dekat satu sama lain, bermain di tangga dan rakit yang sama serta meraih pegangan kolam yang sama. Itulah yang membuat khawatir.

Penularan karena jaraknya yang dekat dan tidak membersihkan barang-barang umum yang ditemukan di pengaturan kolam renang dengan benar. Lansia dan ibu hamil sebaiknya tidak diperbolehkan, kecuali dikhususkan. Misalnya, kolam renang khusus lansia atau ibu hamil di waktu-waktu tertentu.

5. Terapkan Etika Batuk Dan Bersin


Terapkan Etika Batuk Dan Bersin

Etika batuk dan bersin wajib kalian lakukan meski sedang berada di dalam air. Pasalnya, droplet bisa saja menyebar ke area kolam renang lainnya. Terutama bila kalian sedang berdiri di dekat tangga kolam renang, lantai kolam renang, maupun orang yang berenang di dekat kalian.

6. Pilih Jam Sepi


Pilih Jam Sepi
Pixabay

Memilih jam berenang yang sepi bisa bantu menurunkan risiko tertular virus corona di kolam renang umum. Jika biasanya pagi hari adalah waktu paling ramai orang berenang, maka pilihlah waktu di sore harinya. Begitu juga sebaliknya. Bila kalian ingin berenang di siang hari, pastikan mencari kolam renang indoor agar kulit tidak langsung terpapar teriknya sinar matahari.

Hal ini untuk menerapkan peraturan phyisical distancing. Menurut peraturan, untuk satu orang membutuhkan ruang sebesar 4 meter persegi. Jadi luas total kolam renang dibagi 4 meter persegi itulah jumlah maksimal orang yang bisa ditampung dalam satu waktu.

7. Segera Lakukan Desinfektan Mandiri Usai Berenang


Segera Lakukan Desinfektan Mandiri Usai Berenang
Pixabay

Hanya karena tidak ada bukti penyebaran virus di dalam air kolam renang bukan berarti aktivitas tersebut benar-benar bebas risiko. Di dalam air kolam renang, terdapat kuman atau parasit yang sangat resisten terhadap klorin dan dapat bertahan lebih dari seminggu meskipun kolam tersebut diberikan klorin atau dipelihara dengan baik.

Salah satu pertahanan terbaik untuk kalian dan keluarga adalah mandi dengan sabun sebelum dan sesudah memasuki kolam renang. Dapat dilakukan di rumah, sebelum pergi dan tepat sampai di rumah setelah pulang dari kolam renang umum. Ingat untuk mencuci pakaian renang setelah digunakan.

8. Pertimbangkan Lagi Resikonya


Pertimbangkan Lagi Resikonya
Shutterstock

Bagaimana pun tidak ada yang hal yang bisa menjauhkan kita dari virus COVID-19 selain berdiam diri di rumah. Untuk itu, pertimbangkan lagi resikonya jika ingin pergi berwisata ke waterpark atau ke mana pun. Sebaiknya jangan dulu bawa anak-anak berenang di kolam renang umum. Pasalnya, anak-anak masih belum bisa 100% patuh dengan aturan yang ada.

Kalau memang anak merengek minta berenang, coba siapkan kolam renang balon di rumah dan isi dengan air keran dan bola-bola. Dijamin anak enggak akan ngerengek lagi. Masyarakat juga disarankan menunda dulu keinginan untuk berenang di kolam renang umum. Setidaknya, tunggu sampai angka kasus COVID-19 di Indonesia benar-benar turun dan mulai stabil.

Jika kalian ingin berwisata, ada baiknya untuk mencoba road trip yang cenderung lebih aman. Kalian bisa melihat tips aman road trip saat new normal di sini. Kalian juga bisa melihat beberapa tips dalam artikel ini agar liburan kalian berlangsung aman dan menyenangkan di era new normal.

You can share this post!

Related Posts