Jepang Kembali Buka Pintu untuk Negara-Negara ASEAN, Indonesia Setop Dulu
Dunia

Sebelumnya, Shinzo Abe pada akhir Agustus lalu sempat mengatakan akan mencabut larangan masuk kembali ke Jepang bagi warga negara asing mulai September.

WowKeren - Pemerintah Jepang akhirnya membuka kembali pintunya untuk pendatang dari negara lain. Salah satunya dari kawasan Asia Tenggara.

Kendati demikian, bukan berarti berlaku untuk semua negara Asia Tenggara. Hanya ada beberapa seperti Malaysia, Kamboja, Laos dan Myanmar. Cukup disayangkan karena Indonesia belum termasuk dalam daftar tersebut.

Berdasarkan laporan dari NHK, pelancong dari keempat negara tersebut ditambah dengan Taiwan, bisa melakukan perjalanan bolak-balik dari dan ke Jepang. Alasan Jepang mengizinkan pendatang dari negara-negara tersebut karena menurut mereka kelima negara itu mampu menangani pandemi dengan baik.

Jepang sebelumnya telah memberlakukan larangan pembatasan bagi pendatang yang berasal dari Vietnam dan Thailand. Negeri Sakura berharap agar ke depannya bisa mencapai kesepakatan dengan Singapura terkait kunjungan antar negara ini.


Dengan dibukanya pintu wisata ini, Jepang berharap bisa memulihkan perekonomian negara tersebut. Saat ini Jepang juga tengah melobi Tiongkok, Korea Selatan, dan Australia.

Sebelumnya, Shinzo Abe pada akhir Agustus lalu sempat mengatakan akan mencabut larangan masuk kembali bagi warga negara asing mulai September. Hal ini dikatakan olehnya sesaat sebelum berita pengunduran dirinya dari jabatan perdana menteri.

"Mulai 1 September, kami akan mengizinkan orang asing dengan visa yang sesuai untuk masuk kembali setelah meninggalkan Jepang," kata Abe seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (8/9). "Dengan syarat mereka mengambil tindakan tambahan untuk mencegah penularan."

Seperti diketahui, Shinzo Abe telah mengumumkan untuk mengundurkan diri sebagai PM belum lama ini. Alasan keputusan ini adalah karena kondisi kesehatan Abe yang kian memburuk.

Sementara itu, Malaysia juga telah melarang pendatang dari Indonesia masuk ke wilayahnya. Larangan ini tak hanya berlaku bagi RI namun juga 9 negara lainnya seperti Brazil, Prancis, Spanyol, Italia, Arab Saudi.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru