Kemenkes Pastikan Anies Baswedan Tak Perlu Minta Izin Lagi untuk Terapkan PSBB Total
Nasional

Dirjen P2P Kemenkes Achmad Yurianto menegaskan bahwa Kemenkes tak pernah mencabut izin pelaksanaan PSBB di DKI Jakarta. Termasuk bila Anies Baswedan hendak menerapkan lagi PSBB total.

WowKeren - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) total mulai Senin (14/9). Hal ini dilakukan karena perkembangan wabah COVID-19 yang makin genting di Ibu Kota.

Lantas bagaimana kata Kementerian Kesehatan soal rencana Anies ini? Disampaikan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (Dirjen P2P) Kemenkes, Achmad Yurianto, Anies memiliki keleluasaan untuk kembali menerapkan PSBB total tanpa perlu meminta izin kepada pihaknya.

Rupanya menurut Kemenkes putusan pelaksanaan PSBB di DKI Jakarta yang diturunkan oleh Menteri Terawan Agus Putranto sejak 7 April 2020 silam tak pernah dicabut. Hal yang sama berlaku pula untuk daerah lain, selama memang izin dari Kemenkes belum dicabut.

"Apakah Anies Baswedan pernah mencabut PSBB? Tidak kan? Buat apa izin lagi," kata Yurianto, dilansir CNN Indonesia pada Kamis (10/9).

Hal senada juga diungkap oleh Kepala Bidang Media dan Opini Publik Kemenkes, Busroni. Menurutnya DKI Jakarta tak pernah mencabut kebijakan PSBB kendati selama beberapa waktu belakangan perlahan-lahan beralih ke fase transisi.


"PSBB itu dulu pertama kali DKI yang diberikan kan," ujar Busroni. "Enggak ada pencabutan PSBB kalau dilihat dari kedaruratan wilayah berdasarkan penilaian Gubernur."

Pemprov DKI Jakarta memang dengan tegas menarik rem darurat usai kasus COVID-19 di Ibu Kota dinilai makin mencemaskan. Diketahui selama beberapa waktu terakhir kerap mengonfirmasi sampai lebih dari seribu kasus harian.

Kemenkes Pastikan Anies Baswedan Tak Perlu Minta Izin Lagi untuk Terapkan PSBB Total

Twitter

Anies selaku pimpinan provinsi itu pun mencemaskan kemampuan tenaga dan fasilitas kesehatan dalam menangani wabah yang ada. Bahkan diramalkan hanya dalam beberapa hari faskes rujukan COVID-19 di Ibu Kota akan dipenuhi pasien kecuali rem darurat ditarik.

Karena itulah keputusan penerapan PSBB total kembali diambil. Anies pun berharap masyarakat akan memperbanyak aktivitas dari rumah seperti bekerja, beribadah, hingga bersekolah.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru