KPU Medan Datangi SMA dan Cek Keaslian Ijazah Mantu Jokowi
Instagram/bobbynst
Nasional

Adapun kedatangan KPU Kota Medan ke SMAN 9 Bandarlampung, Lampung, tersebut adalah untuk mengecek keabsahan ijazah Bobby Nasution selaku Bakal Calon Wali Kota Medan.

WowKeren - Menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Nasution, diketahui telah resmi mendaftar Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Medan 2020. Sejumlah anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, Sumatera Utara, pun mendatangi SMAN 9 Bandarlampung, Lampung, tempat Bobby mengenyam pendidikan.

Adapun kedatangan KPU Kota Medan tersebut adalah untuk mengecek keabsahan ijazah Bobby selaku Bakal Calon Wali Kota Medan. Diketahui, pengecekan keabsahan ijazah ini merupakan salah satu syarat pencalonan dalam Pilkada 2020.

"Jadi kedatangan kami ke sini (SMAN 9 Bandarlampung) ini, untuk klarifikasi mengenai dokumen Ijazah yang disampaikan Bakal Calon (Balon) Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution sebagai syarat pencalonannya maju di Pilkada di Kota Medan," tutur Komisioner KPU Kota Medan bagian Divisi Hukum dan Pengawasan, Zefrizal, pada Rabu (9/9).

Zefrizal menyatakan bahwa pihaknya sudah memverifikasi ijazah Bobby sebelum melakukan kunjungan ke Kota Bandarlampung. Namun, Zefrizal menjelaskan bahwa keabsahan ijazah juga harus dibuktikan kebenarannya secara langsung oleh KPU dengan mendatangi sekolah yang bersangkutan.


"Untuk verifikasi administrasi, sebelumnya sudah dilakukan," ungkap Zefrizal. "Sekarang ini kita cek langsung datang ke sekolahnya, karena berdasarkan syarat pencalonannya Ijazah Bobby Afif Nasution lulusan dari sekolah SMAN 9 Bandarlampung ini."

Menurut Zefrizal, pemeriksaan legalisasi ijazah melalui klarifikasi langsung ke SMAN 9 Bandarlampung tersebut berlangsung dengan baik. Nantinya, hasil klarifikasi tersebut akan dibawa ke rapat pleno KPU Kota Medan.

"Ya tadi kami sudah klarifikasi kepada pihak sekolah menanyakan kebenarannya," ujar Zefrizal. "Untuk hasilnya nanti akan kami bawa dalam pleno begitu juga mengenai hasilnya seperti apa akan dibahas saat rapat pleno nanti."

Lebih lanjut, Zefrizal juga menegaskan bahwa pengecekan ini bukan berarti ada masalah terkait ijazah Bobby. Ia memastikan bahwa pengecekan ke sekolah di Bandarlampung tersebut hanya merupakan langkah yang wajib dilakukan oleh KPU.

"Semuanya juga pasti sama, ada juga yang mengecek Ijazah bakal calon yang lain di Jakarta karena calon tersebut punya riwayat pendidikannya di daerah tersebut," pungkas Zefrizal. "Yang jelas, hasil klarifikasi kami tadi akan kami bawa ke pleno KPU Kota Medan."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru