Tahlilan 1 Tahun Wafatnya BJ Habibie Digelar Online, Publik Bisa Ikut Partisipasi
Nasional

Menurut Manajer Graha Habibie Ainun, Bobby Dharmistanto, peringatan satu tahun wafatnya BJ Habibie tersebut sedianya akan digelar di Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan, sekitar pukul 19.00 WIB.

WowKeren - Presiden ke-3 RI, BJ Habibie, genap satu tahun meninggal dunia pada Jumat (11/9) hari ini. Diketahui, BJ Habibie meninggal di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, pada 11 September 2019 lalu.

Kedua putra BJ Habibir, yakni Ilham Habibie dan Thareq Habibie, bersama keluarga dan sejumlah staf lantas berencana mengadakan acara tahlilan dan doa bersama. Menurut Manajer Graha Habibie Ainun, Bobby Dharmistanto, peringatan satu tahun wafatnya BJ Habibie tersebut sedianya akan digelar di Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan, sekitar pukul 19.00 WIB.

Sayangnya, acara di Patra Kuningan terpaksa dibatalkan. Pasalnya, penularan virus corona (COVID-19) di Jakarta makin meningkat dan Gubernur Anies Baswedan juga telah menyatakan kondisi Ibu Kota kini darurat.


"Maka untuk mentaati protokol kesehatan dengan segala hormat doa tahlil untuk mengenang 1 tahun wafatnya almarhum Bapak BJ Habibie dapat dilakukan dari kediaman masing-masing," tutur Bobby selaku panitia acara dilansir Kumparan. Bobby pun mengungkapkan bahwa para keluarga besar BJ Habibie tetap dapat mengikuti tahlilan secara online melalui aplikasi Zoom.

Namun demikian, jumlah peserta tahlilan online ini akan dibatasi. "Untuk keluarga dan kerabat dekat lainnya dapat mengikuti acara melalui aplikasi Zoom yang link-nya akan dibagikan secara terbatas," jelas Bobby.

Masyarakat umum juga masih bisa berpartisipasi dalam acara tahlilan satu tahun wafatnya BJ Habibie. Yakni dengan menyaksikan tahlilan online di kanal YouTube Habibie Center. "Sedangkan untuk umum dapat mengikuti acara ini melalui YouTube Channel dari The Habibie Center," pungkas Bobby.

Di sisi lain, BJ Habibie dilaporkan telah masuk dan mendapat perawatan di RSPAD Gatot Subroto Jakarta sejak 1 September 2019. Menurut Ketua Tim Dokter Kepresidenan (TDK), Prof dr Azis Rani, dalam keterangan resminya, BJ Habibie ditangani oleh tim dokter spesialis dari berbagai bidang, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal. Adapun jenazah BJ Habibie dikebumikan Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, pada 12 September 2019.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru