Wisma Atlet Tampung Pasien Corona Menumpuk Diluar Dengan Buka Tower Baru, Makin Gawat?
Nasional

Wisma Atlet akhirnya membuka tower baru agar bisa menampung dan menangani pasien virus corona (COVID-19) yang menumpuk di luar. Begini situasi terkini disana.

WowKeren - Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran akhirnya membuka Tower 5 atau menara tambahan untuk menangani pasien virus corona. Menara ini dibuka mulai Jumat (11/9) hari ini untuk menangani pasien COVID-19 yang sudah menumpuk diluar.

Rencananya, menara tambahan di RSD Wisma Atlet tersebut akan diperuntukkan khusus pasien virus corona tanpa gejala atau OTG. Pihak Wisma Atlet sendiri menyatakan jika tower tersebut sudah siap dalam menampung pasien COVID-19 baru di DKI Jakarta.

”Pembukaan nanti sore dan kita sudah siap menerima pasien-pasien yang menumpuk di luar sana,” kata Komandan Lapangan RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran Letkol Muhammad Arifin seperti dilansir dari CNNIndonesia, Jumat (11/9). “Hari ini sudah ready, menerima pasien sore mungkin, ya. Kalau semisal paling lambatnya pun Sabtu pagi.”

Lebih lanjut Arifin menjelaskan pihaknya saat ini masih fokus dalam melakukan sosialisasi pada masyarakat. Sosialisasi ini terkait dengan simulasi alur masuk pasien OTG virus corona ke RSD Wisma Atlet. Tambahan menara ini sebagai dampak banyaknya penambahan kasus positif di ibu kota pekan ini.


“Namanya nanti flat isolasi mandiri Kemayoran, walaupun masih satu lingkungan dengan RSD Wisma Atlet,” jelas Arifin. “Ini kita persiapkan karena senin PSBB, menerima dari efek-efek (jumlah kasus positif) yang kemarin banyak itu.”

Tower 5 Wisma Atlet ini memliki daya tampung 1.772 tempat tidur yang terbagi dalam 886 kamar. Arifin menjelaskan setiap kamar dirancang untuk menampung dua pasien virus crona.

Pengendali Medis dan Paramedis RSD Wisma Atlet ini juga menerangkan sebenarnya setiap kamar bisa untuk menampung tiga hingga empat tidur. Menurutnya, hal itu sangat membantu jika nantinya ada klaster keluarga yang menginginkan diisolasi dalam satu kamar.

Pasien COVID-19 OTG yang berminat menjalani isolasi di Tower 5 Wisma Atlet sama sekali tidak boleh datang secara spontan. Mereka wajib mendapatkan rujukan terlebih dahulu dari fasilitas kesehatan setempat jika ingin isolasi di Wisma Atlet.

”Tidak menutup kemungkinan apabila ada klaster keluarga, dan mereka menginginkan satu kamar bed tiga juga tidak masalah,” tutur Arifin. “Rujukan dari puskesmas, atau fasilitas kesehatan terdekat, atau di kantor ya poliklinik, minimal itu.”

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait