Bantu Tingkatkan Sistem Imun Saat Pandemi, Ini 8 Manfaat Menakjubkan Berjalan Kaki di Pagi Hari
Unsplash/Bruno Nascimento
Health
COVID-19 di Indonesia

Meski sering dianggap sepele, berjalan kaki secara rutin setiap pagi ternyata menyimpan sejumlah manfaat menakjubkan untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk meningkatkan sistem imun tubuh agar lebih kebal dari virus maupun penyakit.

WowKeren -

Menjaga kesehatan tubuh dengan sebaik mungkin bisa menjadi cara yang tepat untuk menghindari penularan virus Corona. Salah satu olahraga yang ringan dilakukan namun mampu mendatangkan manfaat luar biasa adalah berjalan kaki secara rutin setiap pagi hari.

Mengawali hari dengan berjalan kaki akan membuat tubuh menjadi lebih siap dalam melakukan aktivitas lain yang lebih berat. Tubuh akan terasa lebih bugar dan otak akan menjadi lebih fresh untuk menghasilkan berbagai ide. Selain itu, olahraga satu ini juga bisa dilakukan sambil menjalani aktivitas yang lain seperti berjalan menuju tempat kerja, mobilitas dari area parkir ke kantor dan lain sebagainya.

Olahraga simpel satu ini tentu sangat bermanfaat jika kita lakukan secara rutin di tengah pandemi, sebab salah satu manfaatnya adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kita akan menjadi lebih kebal terhadap virus dan penyakit. Nah agar kamu lebih semangat untuk melakukannya, sebaiknya simak dulu beberapa manfaatnya yang menakjubkan dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh


Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
Getty Images

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, berjalan kaki secara rutin di pagi hari dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan begitu, kita akan lebih kebal terhadap kuman, virus maupun bakteri serta tidak mudah terserang berbagai penyakit. Karena itulah olahraga satu ini sangat penting dilakukan di tengah pandemi virus Corona.

Penelitian dari Arthritis Research & Therapy membuktikan bahwa latihan interval berjalan dalam intensitas tinggi dapat meningkatkan sistem kekebalan pada orang tua yang menderita penyakit radang yang berpengaruh pada sendi atau rheumatoid arthritis. Studi terbaru juga menunjukkan bahwa berjalan dapat mengurangi keparahan penyakit dan risiko kematian pada pasien paru obstruktif kronis (PPOK).

2. Menguatkan Otot


Menguatkan Otot
Getty Images/Peter Dazeley

Memperkuat otot tubuh merupakan manfaat berikutnya yang bisa kamu dapatkan jika rutin berjalan kaki di pagi hari. Jika otot menjadi lebih kuat, tubuh tidak akan mudah merasa lelah ketika harus melakukan berbagai aktivitas berat.

Selain itu, rasio otot pada tubuh juga akan meningkat sehingga bentuk tubuh akan menjadi lebih ramping. Karena itulah bagi kalian yang ingin memiliki tubuh kencang tanpa lemak, usahakan untuk berjalan kaki setidaknya selama 30 menit setiap pagi. Dengan begitu, otot lengan, pantat dan paha akan menjadi lebih kencang.

3. Menjaga Kesehatan Tulang


Menjaga Kesehatan Tulang
Getty Images

Menjaga kesehatan tulang juga bisa dilakukan dengan cara yang cukup sederhana, yakni rutin berjalan kaki. Sinar matahari pagi akan memberikan vitamin D yang dikenal baik untuk kesehatan tulang. Jika tulang menjadi lebih kuat, kita juga akan terhindar dari masalah osteoporosis.

Selain itu, olahraga satu ini juga dapat melindungi sendi dan memperkuat otot-otot di sekitar persendian. Penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki selama 10 menit atau satu jam setiap pekan dapat mencegah kecacatan serta nyeri radang sendi pada mereka yang berusia lanjut.

4. Melancarkan Sirkulasi Darah


Melancarkan Sirkulasi Darah
Shutterstock

Berjalan kaki secara rutin di pagi hari juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Dengan begitu kita akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya yang bisa disebabkan oleh kurang lancarnya peredaran darah. Hal ini disebabkan karena berjalan kaki dapat mempercepat detak jantung dan memompa darah agar lebih lancar ke seluruh tubuh.

Selain itu, berjalan kaki secara rutin juga dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan karena adanya peningkatan pergerakan usus. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu harus berjalan kaki setidaknya selama 30 menit setiap harinya.

5. Memelihara Kesehatan Jantung


Memelihara Kesehatan Jantung
Unsplash/Robina Weermeijer

Meski sering disepelekan, berjalan kaki ternyata juga dapat menjaga kesehatan jantung, salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Olahraga yang hemat ini bisa kamu jadikan latihan kardiovaskular yang baik karena dapat meningkatkan sirkulasi darah serta menjaga hati tetap aktif dan sehat. Jika tekanan darah selalu stabil, risiko terkena penyakit jantung akan menurun.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Healthline, berjalan kaki selama 30 menit setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 19 persen. Selain itu, olahraga satu ini juga dapat membantu menurunkan berbagai penyakit berbahaya yang lain seperti diabetes hingga kanker.

6. Menurunkan Berat Badan


Menurunkan Berat Badan
Unsplash/Jennifer Burk

Kelebihan berat badan akan membuat rasa percaya diri berkurang, terutama bagi para kaum hawa. Apalagi jika kita sudah mengalami obesitas, berbagai masalah kesehatan akan menghampiri mulai dari kesulitan bernafas, asam lambung naik, nyeri persendian otot dan kaki, varises, sakit punggung, hipertensi dan masih banyak lagi.

Selain melakukan diet, sebaiknya kita imbangi dengan berolahraga secara rutin setiap hari. Bila tak ingin olahraga berat, kamu bisa berjalan kaki di pagi hari setidaknya hingga tiga kali seminggu. Durasinya juga harus kamu sesuaikan dengan berat badan yang kamu miliki. Semakin berat tubuh kamu, semakin lama waktu yang diperlukan untuk berjalan kaki agar memberikan hasil yang maksimal.

7. Mengurangi Stres


Mengurangi Stres
Unsplash/Luis Villasmil

Berjalan kaki di pagi hari juga bisa menjadi solusi yang tepat bagi kamu yang sedang stres atau lagi banyak pikiran. Menghirup udara pagi serta menyaksikan pemandangan sekitar yang segar akan membuat pikiran menjadi lebih tenang sehingga siap beraktivitas.

Ketika berjalan kaki, rasa khawatir dan cemas akan berkurang dan hormon endorfin akan meningkat sehingga membantu memperbaiki suasana hati. Agar hasilnya lebih maksimal, usahakan untuk berjalan kaki selama 20-30 menit setidaknya hingga 5 hari dalam seminggu.

8. Membuat Tidur Menjadi Lebih Nyenyak


Membuat Tidur Menjadi Lebih Nyenyak
Unsplash/Isabella and Louisa Fisch

Meski seolah tidak berkaitan, rutin berjalan kaki di pagi hari ternyata dapat membuat tidur malam menjadi lebih nyenyak. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 menunjukkan bahwa mereka yang mengalami insomnia ringan memiliki kualitas tidur yang lebih baik setelah berolahraga di pagi hari.

Demikian delapan manfaat berjalan kaki di pagi hari yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai manfaat menakjubkan jika kalian rutin bangun pagi. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai tips menjaga kesehatan lansia di tengah pandemi virus Corona.

You can share this post!

Related Posts