Berencana Pergi ke Taman Hiburan Saat Pandemi? Terapkan 8 Tips Ini Agar Terhindar dari Virus Corona
Pixabay
Travel
COVID-19 di Indonesia

Agar selalu terlindung dari virus Corona, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika berkunjung ke taman hiburan. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

WowKeren - Sejak kebijakan new normal diberlakukan, salah satu tempat yang ramai dikunjungi adalah taman hiburan. Wajar saja, setelah menjalani isolasi mandiri selama berbulan-bulan lamanya, masyarakat tentu ingin menghibur diri dan menyegarkan pikiran bersama orang terdekat di destinasi wisata.

Pengelola taman hiburan tentunya akan menerapkan berbagai kebijakan demi meminimalisir penularan virus Corona. Kendati demikian, sebagai pengunjung kita tetap harus berhati-hati agar selalu terlindung dari virus asal Wuhan tersebut.

Berkaitan dengan hal ini, WowKeren telah merangkum beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat berwisata di taman hiburan. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Pesan Tiket Secara Online


Pesan Tiket Secara Online
Pxhere

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan pemesanan tiket secara online. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari kemungkinan berdesak-desakan di loket taman hiburan dengan pengunjung yang lain. Karena jika hal itu sampai terjadi, risiko penularan virus Corona akan lebih besar.

Dengan membeli tiket secara online, kamu juga bisa menerapkan cashless dan menghindari kontak berlebih dengan petugas loket. Selain itu, sistem pembelian tiket secara online biasanya juga menawarkan diskon menarik yang sayang dilewatkan begitu saja.

2. Perhatikan Persyaratan Pengunjung


Perhatikan Persyaratan Pengunjung
Pxhere

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pihak pengelola taman hiburan pastinya telah memberlakukan kebijakan atau aturan tertentu yang harus dipatuhi pengunjung. Oleh sebab itu sebelum berangkat ke destinasi tujuan, sebaiknya cari berbagai informasi yang berkaitan dan lengkapi persyaratan yang mereka ajukan.

Bila perlu, tunjukkan surat keterangan uji tes PCR, swab atau rapid dengan hasil negatif maupun reaktif. Alternatif lainnya, kamu juga bisa menunjukkan surat keterangan bebas gejala influenza yang dikeluarkan oleh rumah sakit atau puskesmas setempat untuk meyakinkan pengelola taman hiburan bahwa kamu sedang sehat.

3. Selalu Menggunakan Masker dan Gunakan Pakaian Lengan Panjang


Selalu Menggunakan Masker dan Gunakan Pakaian Lengan Panjang
Pxhere

Di tengah pandemi virus Corona, kita dianjurkan untuk menggunakan masker setiap beraktivitas di luar rumah. Terlebih jika kita mengunjungi ruang publik yang ramai seperti taman hiburan. Ini tak hanya untuk melindungi diri kita dari infeksi virus Corona, namun juga mencegah agar orang lain tidak tertular bila kita sedang menderita batuk atau flu.

Selain masker, ada beberapa perlengkapan yang bisa kamu gunakan untuk perlindungan ekstra. Mulai dari face shield, topi, kacamata hingga pakaian lengan panjang guna menghindari kontak kulit dengan orang lain saat berada di taman hiburan. Dengan begitu, kamu bisa berlibur dengan aman dan meminimalisir penularan virus Corona.

4. Bawa Hand Sanitizer dan Starter Pack Lainnya


Bawa Hand Sanitizer dan Starter Pack Lainnya
Pixabay

Agar terhindar dari penularan virus Corona, sebaiknya kita membawa beberapa barang untuk melindungi diri saat beraktivitas di luar rumah. Pertama adalah hand sanitizer dengan kandungan alkohol sebesar 70 persen yang dapat kamu gunakan untuk membersihkan tangan setelah memegang banyak benda.

Selain itu, usahakan juga untuk membawa masker cadangan, tisu basah dan tisu kering, sabun cair serta cairan disinfektan travel size. Sabun cair dapat kamu gunakan untuk mencuci tangan jika menemukan sumber air di taman hiburan. Sedangkan cairan disinfektan dapat digunakan untuk membersihkan benda yang bersifat umum atau yang sering kamu sentuh saat berada di sana.

5. Disiplin Menjaga Jarak


Disiplin Menjaga Jarak
commons.wikimedia.org

Physical distancing merupakan salah satu cara penting yang harus kita lakukan untuk mencegah penularan virus Corona. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu menjaga jarak dengan pengunjung yang lain di taman hiburan minimal sejauh dua meter. Usahakan untuk memilih jalur yang sepi saat sedang jalan-jalan di taman hiburan dan hindari wahana atau restoran yang sedang dipenuhi oleh pengunjung.

Bila kamu harus mengantre di wahana atau toilet umum, pastikan untuk mengantre dengan rapi dan jangan menyerobot. Hindari juga berbincang dengan orang lain dalam jarak dekat, apalagi dalam waktu yang lama. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari droplet.

6. Jangan Menyentuh Benda Sembarangan


Jangan Menyentuh Benda Sembarangan
commons.wikimedia.org

Tips berikutnya yang harus kamu perhatikan adalah tidak menyentuh sembarang benda yang ada di taman hiburan, seperti kursi, wahana bermain, patung dan lain sebagainya. Hal ini penting dilakukan karena virus Corona dapat bertahan di permukaan benda mati dalam kurun waktu tertentu, sehingga kita berisiko tertular jika kebetulan menyentuh benda yang mengandung virus tersebut.

Tidak dapat dipungkiri jika kita terkadang memiliki kecenderungan untuk menyentuh berbagai benda di taman hiburan. Namun agar lebih aman, sebaiknya cegah dulu keinginan tersebut. Jika kamu benar-benar harus menyentuh benda tertentu, usahakan untuk menggunakan tisu kering sebagai media perantara dan segera bersihkan tangan menggunakan hand sanitizer atau air mengalir dan sabun.

7. Membawa Bekal Makanan dan Alat Ibadah Sendiri


Membawa Bekal Makanan dan Alat Ibadah Sendiri
Pxhere

Membeli makanan di lokasi wisata memang lebih praktis, karena kita tak perlu repot-repot menyiapkannya dari rumah. Namun di tengah pandemi virus Corona seperti saat ini, sebaiknya kamu membawa bekal makanan sendiri dari rumah untuk memastikan kebersihannya, meminimalisir interaksi dengan orang lain serta biar lebih hemat.

Selain bekal makanan, usahakan juga untuk membawa peralatan ibadah sendiri guna menghindari pinjam meminjam di tempat umum. Menggunakan alat ibadah yang sama di tempat umum dapat memperbesar risiko penularan berbagai kuman, bakteri dan virus, termasuk virus Corona. Dan setelah digunakan di tempat umum, pastikan untuk untuk mencuci alat ibadah milikmu dengan mengikuti delapan tips ini agar terhindar dari virus Corona.

8. Terapkan Etika Bersin dan Batuk


Terapkan Etika Bersin dan Batuk

Tips terakhir ini juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Seperti yang diketahui, virus Corona dapat menular melalui droplet atau percikan cairan. Oleh sebab itu, penting untuk selalu menerapkan etika bersin dan batuk di manapun kamu berada, termasuk di taman hiburan. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah penularan virus penyakit serta menghindari rasa tidak nyaman dari orang lain.

Etika batuk dan bersin yang pertama adalah menutup hidung dan mulut menggunakan tisu atau sapu tangan. Jika tidak ada tisu atau sapu tangan, tutupi batuk dan bersin dengan lengan bagian dalam. Jangan menggunakan jari-jari tangan, apalagi jika tidak segera mencucinya dengan sabun. Setelah itu segera buang tisu yang kamu gunakan dan cuci tangan sampai benar-benar bersih dengan sabun dan air mengalir.

Demikian delapan tips aman berwisata di taman hiburan yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips mencegah penularan virus Corona saat menggunakan transportasi umum. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips aman pergi ke mal di era new normal.

You can share this post!

Related Posts