PM Jepang Pengganti Shinzo Abe Akan Segera Dipilih
Dunia

Partai berkuasa di Jepang menggelar pemungutan suara untuk segera memilih pengganti Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang mengundurkan diri Agustus lalu karena masalah kesehatan.

WowKeren - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengundurkan diri dari jabatannya karena alasan kesehatan pada akhir Agustus lalu. Partai berkuasa di Jepang menggelar pemungutan suara untuk memilih pengganti Abe.

Dilansir AFP, Senin (14/9), penasihat utama pemerintah Yoshihide Suga disebut yang paling berpeluang menggantikan Abe. Suga diperkirakan akan memenangkan pemungutan suara Partai Demokrat Liberal (LDP), dengan pemungutan suara parlemen pada Rabu (16/9) mendatang yang ditetapkan untuk mengangkatnya ke jabatan tertinggi negara itu.

Bahkan sebelum dia secara resmi mengumumkan pencalonannya, pria berusia 71 tahun itu telah memenangkan dukungan dari faksi-faksi utama dalam partai yang berkuasa, dengan pencalonannya dipandang sebagai stabilitas yang menjanjikan dan kelanjutan dari kebijakan Abe.


LDP sendiri telah memutuskan untuk memilih hanya anggota parlemennya di parlemen dan tiga perwakilan dari masing-masing 47 wilayah negara itu. Hal ini demi menghindari pemungutan suara yang lebih luas termasuk anggota pangkat dan berkas yang menurut para pejabat akan memakan waktu terlalu lama untuk diorganisir.

Dengan format ini, diharapkan dapat memperkuat suara Suga dalam melawan 2 pesaingnya yaitu mantan menteri pertahanan Shigeru Ishiba dan kepala kebijakan LDP Fumio Kishida. Perlu diketahu, Ishiba populer di kalangan pemilih Jepang, tetapi dipandang dengan kecurigaan oleh beberapa pihak di partainya karena pernah meninggalkan barisan dan juga menantang kepemimpinan Abe.

Sedangkan Kishida sempat dipandang sebagai penerus favorit Abe, tetapi tampaknya kejayaannya jatuh beberapa bulan sebelum Abe memutuskan untuk mundur. Abe sendiri telah memecahkan rekor sebagai perdana menteri terlama di Jepang dengan lebih dari delapan tahun berkuasa selama dua periode, telah menolak untuk mendukung salah satu kandidat.

Jika Suga berhasil menggantikan posisi Abe, para analis mengatakan tidak ada perubahan kebijakan besar dalam agenda, dan kandidat itu sendiri mengatakan pencalonannya dimaksudkan untuk memastikan kelanjutan kebijakan utama Abe.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts