Masukkan dalam Menu Diet, Ini 7 Jus Sayuran yang Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan
Pixabay
Lifestyle

Jika dibandingkan dengan buah-buahan, jus sayuran memang masih kalah populer. Meski demikian, tujuh jus sayuran berikut ini ternyata sangat ampuh dalam menurunkan berat badan.

WowKeren -

Memiliki tubuh yang ideal menjadi impian hampir setiap wanita. Karena itulah tidak sedikit dari mereka yang memilih diet untuk mendapatkan bentuk tubuh impiannya. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan saat diet adalah mengkonsumsi berbagai minuman sehat dan bergizi seperti jus sayuran.

Meski tidak sepopuler jus buah-buahan, jus sayuran juga cukup ampuh dalam menurunkan berat badan. Selain itu, jus sayuran juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian karena mengandung vitamin, mineral, serat hingga antioksidan.

Karena itulah meminum jus sayur secara rutin sambil menjalani pola makan yang sehat akan membantumu memiliki berat badan ideal sekaligus menjaga kesehatan tubuh. Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan memberikan rekomendasi beberapa jus sayur yang bisa kamu konsumsi saat diet dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Jus Seledri


Jus Seledri
Shutterstock/Kwanchai.c

Sayuran pertama yang tepat dikonsumsi sebagai jus saat diet adalah seledri. Sayur satu ini mengandung banyak vitamin C dan K, folat, kalium serta antioksidan. Mengkonsumsi jus seledri secara rutin dapat mengurangi asupan kalori harian sehingga berat badan akan menurun. Selain itu, jus seledri juga memiliki efek diuretik yang dapat melancarkan pembuangan urin.

Bahkan menurut Health Clevel And Clinic, jus seledri juga memiliki kandungan serat yang bisa membuat kita merasa kenyang dan berkontribusi pada kesehatan usus. Yang tak kalah menarik, jus seledri juga mengandung flavonoid yang berkhasiat untuk mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh, khususnya kanker payudara, pankreas dan kolorektal.

2. Jus Wortel


Jus Wortel
iStock Photo

Wortel merupakan salah satu sayuran rendah kalori namun memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Oleh karena itu, mengkonsumsi jus wortel bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan yang berlebihan dapat dikendalikan.

Jus wortel juga mampu merangsang sekresi empedu dan memicu tubuh membakar lemak berlebih. Yang tak kalah menarik, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga dapat menurunkan stres dan depresi yang berkontribusi pada penurunan berat badan. Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, kamu hanya perlu mengkonsumsi jus wortel tanpa gula secara rutin setiap hari.

3. Jus Mentimun


Jus Mentimun
Pixabay

Jika kamu terbiasa mengkonsumsi mentimun sebagai lalapan, kini coba minum dalam bentuk jus. Mentimun mengandung banyak nutrisi dan vitamin penting seperti magnesium, phosphorus, riboflavin, B-6, folat, asam pantotenat, zat besi, silika, kalsium, seng, vitamin K dan vitamin C yang penting untuk tubuh.

Mengkonsumsi jus mentimun secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan karena kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem metabolisme. Selain itu, jus yang menyegarkan ini juga rendah kalori sehingga sangat cocok dijadikan minuman sehari-hari saat diet.

4. Jus Bit


Jus Bit
Shutterstock

Jus bit dikenal sebagai salah satu minuman paling sehat untuk menurunkan berat badan. Dalam jus ini terkandung vitamin C, serat makanan, nitrat, betanin dan folat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Jus ini rendah kalori dan hampir tidak mengandung lemak, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan bakar yang tepat bagi tubuh.

Selain itu, jus bit juga mengandung magnesium yang berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Yang tak kalah menarik, bit juga mengandung leucine, asam amino yang telah terbukti dapat mengurangi kadar lemak dalam tubuh dengan meningkatkan ketersediaan protein dan massa otot.

5. Jus Bayam


Jus Bayam
Pixabay

Mengkonsumsi jus bayam secara rutin juga dapat membantu menurunkan berat badan. Bayam sendiri dikenal sebagai sumber serat yang dapat meningkatkan rasa kenyang serta menyehatkan saluran pencernaan. Selain itu, bayam juga dapat mengurangi lemak karena mengandung zat biokimia yang disebut dengan thylakoids.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak bayam yang tinggi akan thylakoids dapat memicu penurunan berat badan dengan cara menekan nafsu makan. Menurut penelitian tersebut, thylakoids yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan kadar hormon glucagon-like peptide-1 (GLP-1) yang berfungsi untuk mengurangi nafsu makan.

6. Jus Labu


Jus Labu
Pixnio

Labu dikenal sebagai salah satu jenis sayuran yang dapat membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori dan karbohidrat. Karena itulah jus satu ini diklaim dapat menyingkirkan lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

Selain itu, jus labu juga bisa memberikan perasaan kenyang lebih lama dan mencegah nafsu makan berlebih. Manfaat ini didapat dari tingginya kandungan serat yang dapat memperlambat proses pencernaan. Karena itulah, masukkan jus labu ke dalam menu diet harian agar kamu cepat mendapatkan berat badan ideal.

7. Jus Pare


Jus Pare
iStock Photo

Jus terakhir yang tim WowKeren rekomendasikan pada kalian adalah jus pare. Meski sering dihindari karena rasanya yang pahit, pare ternyata ampuh dalam menurunkan berat badan loh. Mengkonsumsi jus pare secara rutin dapat membantu hati untuk mengeluarkan asam empedu yang diperlukan dalam metabolisme lemak. Selain itu, jus satu ini juga rendah akan kalori yang menjadikannya sebagai salah satu menu diet ideal.

Demikian tujuh rekomendasi jus sayuran yang dapat kalian masukkan dalam menu diet yang telah tim WowKeren rangkum. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips dan cara diet menggunakan air putih. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa makanan diet yang seharusnya tidak dikonsumsi.

You can share this post!

Related Posts