Pesan Ridwan Kamil Untuk Para Relawan Vaksin COVID-19 Sinovac
Nasional
Vaksin COVID-19

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil buka suara terkait relawan vaksin COVID-19 yang positif terinfeksi virus corona jelang penyuntikan kedua. Menurutnya, peristiwa ini bisa menjadi pelajaran untuk dirinya dan para relawan lainnya.

WowKeren - Seorang relawan uji klinis fase III vaksin COVID-19 produksi Sinovac Biotech Ltd., dinyatakan positif terinfeksi virus corona beberapa waktu lalu. Relawan yang tak disebutkan identitasnya itu dinyatakan positif COVID-19 menjelang penyuntikan dosis kedua vaksin yang diuji coba tersebut.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil rupanya menyoroti hal ini. Namun, ia enggan berkomentar banyak karena dirinya pun telah menjadi bagian dari pengujian vaksin itu sendiri.

"Saya tidak punya kapasitas untuk menceritakan secara teknis karena saya objek dari vaksinasi sendiri," ujarnya dalam jumpa pers di Puskesmas Garuda, Kota Bandung, Senin (14/9). "Walaupun saya dengar (kabar seorang relawan positif Covid)."


Lebih lanjut, Emil menyebut jika temuan relawan terkena COVID-19 bisa menjadi pelajaran untuk dirinya. "Jangan banyak bepergian ke zona yang berbahaya karena nanti akan mengganggu proses statistiknya. Itulah kenapa tidak semua yang daftar relawan itu lulus jadi relawan," ungkapnya.

"Bahkan saya dengar masih terbuka kalau masih ada yang mau jadi relawan karena yang mendaftar tidak semuanya memenuhi kualifikasi," imbuhnya. "Ada yang semangat tapi ada komorbit, ada sakit jantung dan lain-lain."

Sebelumnya, Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin COVID-19 dari Universitas Padjadjaran, Prof Kusnandi Rusmil telah menghimbau kepada para relawan untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

"Untuk itu semua sukarelawan tetap dihimbau wajib menerapkan protokol pencegahan yang sudah dianjurkan pemerintah," ungkapnya. "Sukarelawan uji klinik masih akan dipantau kesehatannya selama 6 bulan pasca suntikan terakhir. Uji klinis ini masih panjang jalannya, agar kita bersama-sama dapat menjaga privasi dari sukarelawan."

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts