Jateng Nomor 1, Ini 4 Provinsi Dengan Persentase Kematian Corona Tertinggi di   RI
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah meminta agar data kematian COVID-19 di setiap provinsi disampaikan secara detail sehingga pemerintah pusat bisa membantu menekan angka tersebut.

WowKeren - Presiden Joko Widodo telah mengungkapkan empat provinsi yang menjadi penyumbang persentase kematian akibat virus corona (COVID-19) tertinggi. Empat provinsi tersebut adalah Bengkulu, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

"Kalau kita melihat lebih detail, tingkat kematian tinggi itu disebabkan empat provinsi yang tingkat kematiannya di atas enam persen," ungkap Jokowi dalam rapat terbatas pada Senin (14/9). "Yaitu di provinsi Bengkulu, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Timur."

Berdasarkan data COVID-19 yang dilaporkan oleh provinsi masing-masing per Senin (14/9), Jateng memiliki persentase kasus kematian COVID-19 tertinggi di Indonesia. Hingga Senin (14/9) kemarin, total ada 1.677 kasus kematian akibat corona di Jateng.

Sementara itu, jumlah kasus konfirmasi positif COVID-19 di Jateng mencapai 18.136. Berdasarkan perhitungan badan kesehatan dunia (WHO), persentase kematian COVID-19 di Jateng mencapai 9,42 persen. Adapun angka tersebut didapat dari jumlah total kasus kematian per total kasus konfirmasi positif, kemudian dikali 100.


Lalu di posisi kedua ada Jawa Timur yang telah melaporkan total 2.800 kasus kematian akibat COVID-19. Sementara itu, total kasus konfirmasi positif COVID-19 di Jatim telah mencapai 38.431. Dengan demikian, persentase kasus kematiannya mencapai 7,28 persen.

Di bawah Jatim ada Bengkulu yang melaporkan 30 kasus kematian dari total 467 kasus konfirmasi positif COVID-19. Persentase kasus kematian COVID-19 di Bengkulu sendiri mencapai 6,42 persen.

Sedangkan Sumatera Selatan berada di posisi keempat dengan total 305 kasus kematian dari 5.078 kasus konfirmasi positif COVID-19. Dengan demikian, persentase kasus kematian COVID-19 berada di angka 6 persen.

Di sisi lain, rasio kematian COVID- 19 Indonesia di tingkat nasional saat ini berada di angka 3,99 persen. Angka tersebut masih lebih tinggi dibanding rata-rata kematian dunia yang hanya 3,18 persen.

Jokowi pun meminta agar data kematian di setiap provinsi disampaikan secara detail sehingga pemerintah pusat bisa membantu menekan angka tersebut. "Pemerintah harus terus menurunkan angka kematian. Rata-rata kematian di Indonesia terus menurun dari 4,02 persen bulan lalu menjadi 3,99 persen," pungkas Jokowi.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts