Ampuh dan Mudah Diterapkan, 8 Cara Ini Bisa Bantu Kamu Pulihkan Tubuh yang Lelah Usai Olahraga
Pixnio
Health

Setelah olahraga kita biasanya akan merasa pegal dan nyeri otot. Untuk itu, sebaiknya segera pulihkan tubuh kalian dengan melakukan delapan cara mudah ini.

WowKeren -

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan rutin berolahraga. Namun setelah berolahraga, biasanya tubuh akan terasa lelah. Kondisi ini dapat terjadi karena tubuh baru saja melakukan aktivitas fisik yang terbilang berat dan menarik otot-otot untuk meregang dengan maksimal saat olahraga.

Karena itulah otot dan persendian akan terasa nyeri, apalagi jika kita berolahraga secara berlebihan. Tentunya rasa nyeri ini akan terasa sangat tidak nyaman dan menyebalkan. Pada akhirnya kita akan memilih untuk tidur dalam waktu yang lama dengan harapan rasa nyerinya akan hilang.

Tidak salah memang, namun sebenarnya ada beberapa cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk memulihkan tubuh setelah olahraga. Penasaran bagaimana saja caranya? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Lakukan Pendinginan


Lakukan Pendinginan
Pixabay

Bila sebelum olahraga kita dianjurkan untuk melakukan pemanasan, maka setelahnya kita wajib melakukan pendinginan atau peregangan. Pendinginan paling baik dilakukan sesegera mungkin selama otot masih dalam keadaan panas setelah olahraga. Otot akan menegang saat mulai mendingin, karena itulah kamu berisiko mengalami cedera jika tidak segera melakukan peregangan setelah olahraga.

Usahakan untuk melakukan pendinginan secara tepat, karena akan terjadi penggumpalan darah jika dilakukan dengan cara yang salah. Durasi pendinginan yang disarankan adalah selama 10 menit. Dalam waktu itu kamu bisa melakukan peregangan sederhana selama lima menit lalu lanjutkan dengan peregangan dengan busa rolling. Ingat, semakin lama kamu menahan satu gerakan, maka otot dan saraf akan semakin rileks.

2. Perbanyak Minum Air Putih


Perbanyak Minum Air Putih
Pxhere

Untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang saat olahraga, pastikan untuk mengkonsumsi banyak air putih setelahnya. Perlu diketahui bahwa jantung bekerja lebih keras dan membutuhkan oksigen yang lebih banyak. Karena itulah kalian harus segera memenuhi asupan oksigen dengan memperbanyak konsumsi air putih atau cairan isotonik.

Tapi yang perlu diingat, jangan mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak sekaligus. Minum secara perlahan dan bertahap. Misalnya segelas sebelum pendinginan, segelas setelah pendingingan dan segelas setelah mandi atau ganti baju.

3. Mandi dengan Air Dingin atau Air Hangat


Mandi dengan Air Dingin atau Air Hangat
Pxhere

Setelah berolahraga, beberapa anggota tubuh akan terasa membengkak dan salah satu cara mengatasinya adalah dengan mandi menggunakan air dingin atau air es. Air ini dapat membantu meredakan bengkak dan dapat digunakan untuk mengompres bagian tubuh yang terasa kram. Itulah kenapa atlet nasional sering mandi menggunakan air es setelah berlatih atau melakukan pertandingan.

Selain air dingin, kamu juga bisa mandi dengan air hangat untuk memulihkan tubuh yang kelelahan setelah olahraga. Mandi dengan air hangat dapat membuat otot lebih rileks sehingga kamu bisa tidur dengan nyenyak setelahnya. Selain itu, mandi dengan air hangat juga dapat membuka pori-pori kulit serta melepaskan kotoran yang terkurung di dalamnya.

4. Konsumsi Protein


Konsumsi Protein
Pikist.com

Asupan protein tak hanya dibutuhkan sebelum berolahraga, namun juga sesaat setelahnya. Mengkonsumsi protein setelah olahraga dapat membantu tubuh untuk memperbaiki kerusakan otot, memastikannya memiliki bahan bakar yang cukup serta mempercepat proses pemulihan.

Bagi kalian yang terbiasa olahraga di pagi hari, sebaiknya konsumsi protein shake dengan chia seeds atau overnight oat dengan chia seeds. Sedangkan bagi kalian yang suka olahraga di malam hari, usahakan untuk mengkonsumsi ayam, ikan, daging sapi maupun tahu untuk memenuhi asupan protein harian.

5. Konsumsi Teh Hijau


Konsumsi Teh Hijau
Pixabay

Teh hijau dikenal sebagai salah satu jenis minuman yang memiliki sejumlah manfaat baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk memulihkan kondisi tubuh setelah olahraga. Teh hijau dapat membantu melindungi otot dari kerusakan akibat gerakan fisik yang berat saat sedang olahraga.

Kamu dapat mengkonsumsi teh hijau sebelum dan sesudah berolahraga. Jika dikonsumsi sebelum olahraga, minuman ini akan membuat tubuh menjadi lebih berenergi sehingga kamu bisa berolahraga dengan maksimal. Sedangkan jika dikonsumsi setelah olahraga, teh hijau akan membantu melemaskan otot serta mengurangi risiko terjadinya kram atau kejang otot.

6. Makan Makanan Antiradang


Makan Makanan Antiradang
Pixabay

Hasil olahraga akan sia-sia saja jika kita mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti mi instan, gorengan serta fast food yang tinggi kalori dan kolesterol. Oleh sebab itu, sebaiknya konsumsi makanan bergizi dan antiradang untuk memulihkan tubuh setelah olahraga.

Kalian bisa mengkonsumsi makanan sehat seperti kacang-kacangan, bayam, apel atau makanan yang tinggi asam lemak. Satu jam kemudian, usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein dan karbohidrat untuk menggantikan energi yang hilang dan mencegah otot menjadi kaku.

7. Lakukan Pemijatan


Lakukan Pemijatan
Pixabay

Melakukan pijatan juga menjadi pilihan tepat untuk memulihkan tubuh setelah olahraga. Perlu diketahui bahwa otot yang sedang tertekan cenderung merespon terapi otot secara positif. Karena itulah pijatan dapat menurunkan peradangan pada otot yang lelah saat olahraga.

Durasi terbaik yang dianjurkan untuk pijat setelah olahraga adalah selama satu jam, tapi 15 menit yang intens juga dirasa cukup untuk mengembalikan kekuatan otot. Hal ini disebabkan karena gerakan pijat akan memberikan rangsangan serat otot, meningkatkan sirkulasi darah serta mengurangi asam laktat yang menjadi penyebab tubuh mengalami pegal.

8. Tidur


Tidur
Pxhere

Cara terakhir yang WowKeren rekomendasikan untuk memulihkan diri setelah olahraga adalah tidur karena bisa membuat tubuh terasa segar dan bugar. Saat tidur, tubuh akan melepaskan hormon pertumbuhan yang berfungsi untuk membangun kembali sel-sel dan jaringan tubuh. Yang tak kalah penting, tidur juga dapat membantu memperbaiki otot-otot yang mengalami kerusakan setelah berolahraga.

Demikian delapan cara yang bisa kalian lakukan untuk memulihkan diri setelah olahraga. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips aman berolahraga saat new normal. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui delapan jenis olahraga yang cocok dilakukan oleh para wanita hamil.

You can share this post!

Related Posts