Trump Nyatakan Vaksin Corona Akan Siap Beberapa Minggu Lagi Di AS
Reuters/Cathal McNaughton
Dunia
Vaksin COVID-19

Kasus virus corona di Amerika Serikat masih tinggi, Presiden Donald Trump mengumumkan jika vaksin COVID-19 bakal tersedia dalam beberapa minggu lagi di AS.

WowKeren - Amerika Serikat (AS) masih menjadi negara dengan penyumbang kasus virus corona tertinggi di dunia. Berbagai ilmuwan dari negara tersebut seolah berlomba dengan waktu dan terus bekerja keras dalam mengembangkan vaksin COVID-19.

Presiden AS Donald Trump dalam pernyataan terbarunya bahkan mengklaim jika vaksin virus corona akan siap dalam hitungan minggu saja. Ia juga secara tegas membantah jika janjinya tersebut berkaitan dengan kampanye politik untuk Pemilu AS pada 3 November mendatang.

Trump berjanji pada warga AS jika mereka tidak akan menunggu vaksin virus corona hingga bertahun-tahun lamanya. Terlebih, ia menyatakan dirinya telah mempercepat proses pembuatan vaksin COVID-19 dengan FDA (Food and Drug Administration/Badan Pengawas Obat dan Makanan AS).

Vaksin corona buatan AS tersebut diklaim Trump akan siap dalam 4 minggu kedepan atau paling lama 8 minggu lagi. Menurutnya, kecepatan pembuatan vaksin ini karena Negeri Paman Sam memiliki banyak perusahaan hebat.


”Saya tidak melakukannya karena alasan politik, saya ingin vaksin tersedia dengan cepat,” kata Trump dilansir FoxNews, Selasa (15/9). “Percayalah, kalian tidak akan menunggu vaksin selama bertahun-tahun.”

”Saya sudah mempercepat prosesnya bersama FDA (Food and Drug Administration/BPOM AS),” sambungnya. “Kami akan mendapatkan vaksin dalam hitungan minggu, bisa jadi empat minggu, bisa jadi delapan minggu. Kami memiliki banyak perusahaan hebat.”

Meskipun menjanjikan vaksin akan tersedia dalam waktu dekat, namun Trump tidak menyebut jenis vaksin yang dimaksudnya. Namun, pengembangan vaksin COVID-19 di AS yang sejauh ini menunjukkan hasil yang menjanjikan adalah Moderna Therapeutics, Pfizer, dan Universitas Oxford. Ketiganya telah melakukan uji klinis.

Janji Trump tersebut telah menimbulkan kekhawatiran banyak pihak. Pasalnya, banyak yang menilai jika Trump akan bermain politik melalui vaksin virus corona. Apalagi, Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) baru-baru ini menginfokan bersiap mendistribusikan vaksin pada 1 November atau dua hari sebelum Pemilu AS berlangsung.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts