Ini Pembelaan PDIP Usai Andre Rosiade Desak Ahok Dicopot Gegara Bongkar 'Aib' Pertamina
Nasional

Wakil Ketua Komisi VI dari F-PDIP Aria Bima memberikan pembelaan atas desakan Andre Rosiade terkait pencopotan Ahok dari posisinya sebagai Komisaris Utama Pertamina.

WowKeren - Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mencuri perhatian nasional. Sebab dengan blak-blakan Ahok menyampaikan "aib" yang ada di internal manajemen Pertamina.

Tindakannya ini pun dinilai menimbulkan kegaduhan oleh Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Andre Rosiade. Politikus Gerindra itu mendesak Presiden Joko Widodo agar mencopot Ahok dari jabatannya sebagai Komut Pertamina, yang kekinian mendapat pembelaan dari PDI Perjuangan.

Wakil Ketua Komisi VI dari Fraksi PDIP, Aria Bima mengingatkan Andre untuk tidak ikut campur dengan urusan internal BUMN. "Kita itu terbatas dalam Pasal 91 UU No 19 Tahun 2003 tentang BUMN, tentang organ perusahaan, dilarang ikut campur. Selain organ perusahaan, tidak boleh mencampuri BUMN," tegas Bima, Rabu (16/9).

Menurut Bima, Komisi VI memiliki tugas untuk mengukur laba korporasi terhadap pertumbuhan ekonomi negara. "Itulah batas-batas yang membatasi kita untuk tidak ikut-ikut bicara soal menjagokan siapa dan minta mundur atau tidak, terbatas pada pasal itu. Andre ini kan semangatnya menggebu-gebu sehingga lupa pasal itu," sambung Bima, dilansir dari Detik News.


Kendati demikian, Bima pun tak membenarkan sikap Ahok yang membongkar masalah internal manajemen Pertamina di hadapan publik. Politikus PDIP dari Dapil Jawa Tengah itu menilai substansi yang disampaikan Ahok penting, namun penyampaiannya begitu salah.

"Kalau komisaris harus tahu tempat dan waktu disampaikan teguran kepada Pertamina itu kepada siapa dan forumnya. Tentunya itu kepada pemegang saham, pada saat RUPS itulah Basuki Tjahaja Purnama itu sebagai komisaris Pertamina," ungkap Bima.

Sebelumnya Andre meminta Jokowi untuk mencopot Ahok dari posisinya sebagai Komut Pertamina. Selain dianggap menimbulkan kegaduhan dengan masalah internal Pertamina, Andre, lewat cuitannya, juga menilai kinerja mantan Gubernur DKI Jakarta itu biasa-biasa saja.

Di sisi lain, Ahok memang membongkar "aib" jajaran direksi Pertamina, mulai dari perihal gaji sampai kebiasaan melobi menteri demi sebuah jabatan tertentu. Namun tak hanya itu, Ahok juga menyampaikan usulan agar Kementerian BUMN dibubarkan saja demi efisiensi tata kelola.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts