Tiongkok Klaim Vaksin COVID-19 Siap Awal November
Xinhua
Dunia

Dua produsen Vaksin COVID-19 dari Tiongkok, Sinovac Biotech dan Sinopharm, mengaku optimis dengan perkembangan vaksin yang tengah mereka kembangkan saat ini.

WowKeren - Vaksin virus corona (COVID-19) yang dikembangkan oleh produsen Tiongkok, Sinovac Biotech dan Sinopharm, siap digunakan untuk umum di awal November 2020 mendatang.

Hal ini diungkapkan secara langsung oleh Wu Guizhen, Kepala Ahli Biosafety di Pusat Pengendalian Penyakit Tiongkok. Guizhen mengatakan kepada lembaga penyiaran CCTV bahwa vaksin akan tersedia untuk masyarakat umum sekitar November atau Desember.

Sayangnya, Wu Guizhen tidak merinci vaksin mana yang dirujuknya. Ia hanya mengatakan, "berdasarkan hasil klinis fase 3, kemajuan saat ini sangatlah mulus".

Guizhen juga mengatakan jika dirinya telah mengikuti uji klinis vaksinasi pada April lalu dan merasa baik-baik saja selama beberapa bulan terakhir, meskipun ia tidak menyebutkan secara spesifik kandidat vaksin yang disuntikkan ke tubuhnya.


Yang jelas, baik Sinovac Biotech maupun Sinopharm mengaku optimis dengan perkembangan vaksin yang tengah mereka kembangkan. Pernyataan ini disampaikan di tengah upaya global yang berlomba untuk menyelesaikan putaran final uji klinis vaksin yang kian memanas.

Dilansir dari CNN, perwakilan kedua perusahaan mengatakan bahwa mereka berharap vaksin yang dikembangkan akan disetujui setelah uji coba fase ketiga yang dilakukan paling cepat akhir tahun ini.

Sementara itu, disebutkan pula bahwa saat ini ada sembilan kandidat vaksin yang berada dalam uji coba tahap akhir pada manusia, namun baru-baru ini beberapa di antaranya menemui kendala.

Beberapa kandidat vaksin di Tiongkok telah diuji coba kepada pekerja penting di bawah program penggunaan darurat. Bulan ini, seorang juru bicara Sinovac mengatakan bahwa ada puluhan ribu orang yang secara sukarela telah mencoba vaksin tersebut, termasuk 90 persen karyawannya beserta keluarga mereka yang berjumlah antara 2.000 hingga 3.000 orang.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru