Kalahkan Prancis, Soekarno-Hatta Dinobatkan Sebagai Bandara Teraman Dari COVID-19
Nasional

Bandara Internasional Soekarno-Hatta dinobatkan sebagai salah satu bandara paling aman dari pandemi COVID-19 menurut evaluasi lembaga global Safe Travel Barometer dengan skor 4.09.

WowKeren - Bandara Internasional Soekarno-Hatta dinobatkan sebagai salah satu bandara paling aman dari pandemi COVID-19. Hal tersebut berdasarkan evaluasi lembaga global Safe Travel Barometer yang memberikan rating Safe Travel Score hingga 4.09.

Bandara Soetta sendiri menempati peringkat 35 dari 217 bandara di dunia dalam peringkat bandara paling aman dari COVID-19. Peringkat tersebut lebih unggul dibandingkan Touluse-Blagnac Airport Prancis, Los Angeles International Airport AS, Bahrain International Airport, dan Paris Charles de Gaulle Airport Prancis.

Perlu diketahui, dalam penilaian ini rating tertinggi ada pada angka 5. Namun, belum ada bandara di dunia yang berhasil mendapat skor tersebut.

Safe Travel Barometer sendiri memiliki database terbesar dan paling komprehensif di dunia mengenai protokol kesehatan dan keamanan terkait COVID-19. President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin, mengatakan komitmen menjalankan protokol secara ketat yang didukung dengan berbagai inovasi berbasis teknologi merupakan salah satu kunci, agar Soekarno-Hatta dapat selalu mengedepankan aspek kesehatan dan keamanan di tengah pandemi.

“Tujuan PT Angkasa Pura II dan seluruh stakeholder seperti Otoritas Bandara, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan, maskapai, TNI/Polri, Balai Karantina, Kantor Imigrasi, Satgas Percepatan Penanganan COVID-19, dan lainnya adalah Bandara Soekarno-Hatta dapat tetap beroperasi sebagai pintu gerbang utama negara dan tetap menjaga konektivitas di Tanah Air, meski kita kini tengah menghadapi tantangan berat dari pandemi COVID-19,” kata Awaluddin lewat keterangan resmi dilansir Kumparan, Kamis (17/9).


Adapun Safe Travel Barometer merilis Safe Travel Score untuk kategori bandara, berdasarkan audit independen terhadap lebih dari 200 bandara di dunia, termasuk mengenai upaya bandara dalam menerapkan langkah guna menjaga kesehatan dan keselamatan traveler.

Penilaian tersebut berdasarkan implementasi dari touchless processing (menghilangkan fasilitas atau proses yang membutuhkan sentuhan tangan), pengecekan suhu tubuh, peraturan kewajiban memakai masker, hand sanitizer dan adanya kewajiban surat keterangan sehat.

Selain itu, mereka juga menilai tentang keharusan pengetesan COVID-19, adanya aplikasi untuk contact tracing, ditetapkannya waktu minimum untuk check-in, dilakukan disinfeksi di toilet, eskalator, lift, boarding gate, dan penggunaan face shield bagi staf bandara.

Co-Founder and CEO Safe Travel Barometer Virendra Jain, mengatakan bandara memiliki peran penting dalam membuat penumpang mudah beradaptasi pada era new normal. “Mereka (bandara) adalah lini terdepan pertahanan untuk memastikan keamanan dan mengurangi kekhawatiran dalam perjalanan,” katanya.

Lebih lanjut, Viendra menyebut bandara harus mengimplementasikan beragam inisiatif untuk memastikan keamanan dan kenyamanan traveler, serta kru pesawat, di samping juga meminimalisir potensi penyebaran COVID-19.

Adapun 10 besar bandara paling aman di dunia versi Safe Travel Barometer sebagai berikut:

  1. Singapore Changi Airport (SIN), Singapura , Safe Travel Score (4,7)
  2. Frankfurt Airport (FRA), Jerman, Safe Travel Score (4,6)
  3. Chengdu Shuangliu International Airport (CTU), China, Safe Travel Score (4,6)
  4. Indira Gandhi International Airport (DEL), India, Safe Travel Score (4,6)
  5. Abu Dhabi International Airport, UAE, Safe Travel Score (4,5)
  6. Dubai International Airport (DXB), UAE, Safe Travel Score (4,5)
  7. Kempegowda International Airport (BLR), India, Safe Travel Score (4,5)
  8. Hongkong International Airport (HKG), Hong Kong, Safe Travel Score (4,4)
  9. Beijing Capital International Airport (PEK), China, Safe Travel Score (4,4)
  10. Heathrow Airport (LHR), U.K., Safe Travel Score (4,4)
(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru