Angka Kematian Tinggi, Satgas COVID-19 Peringatkan Warga Berusia 45 Tahun ke Atas 'Diam di Rumah'
Getty Images
Nasional

Jubir Satgas COVID-19 Prof Wiku menyoroti kelompok usia yang menyumbang angka kematian akibat virus corona di Indonesia. Sekitar 80 persen dari total kasus kematian berasal dari kelompok usia di atas 45 tahun.

WowKeren - Angka kematian akibat virus corona (COVID-19) di Indonesia hingga saat ini masih tinggi. Bahkan selama satu minggu terakhir angka kematian berada di rata-rata 105 kasus.

Artinya, rata-rata kematian di Indonesia meningkat dari 3 persen jadi 7 persen seminggu terakhir ini. Hal ini lantas disoroti oleh Jubir Satgas COVID-19 Prof Wiku.

Ia mengungkapkan sekitar 80 persen dari total kasus kematian berasal dari kelompok usia di atas 45 tahun. "Kelompok usia ini harus benar-benar menjaga kesehatannya dan sebisa mungkin tidak berkegiatan di luar rumah dan tetap jaga pola hidup bersih dan sehat," ujar Prof Wiku dalam konferensi pers virtual, Kamis (17/9).

"Kalau terpaksa keluar rumah, harus menerapkan protokol kesehatan," sambungnya. "Hindari menggunakan transportasi umum untuk mencegah penularan."


Meski begitu, Prof Wiku juga menegaskan bahwa hal tersebut berlaku pada kelompok usia produktif 19-45 tahun. Karena, kelompok usia ini memiliki presentase terbesar yang positif terinfeksi COVID-19.

"Dengan mobilitas relatif tinggi dan frekuensi interaksi sosial tinggi berpotensi jadi carrier yang dapat menularkan ke keluarga, kerabat, atau kelompok yang berusia rentan dan tinggal bersama mereka," tuturnya. "Mereka harus bisa menjaga diri dengan menerapkan protokol kesehatan saat bekerja atau ketika di luar rumah."

Sementara itu, hingga Kamis (17/9), tercatat lebih dari 3 ribu pertambahan kasus baru COVID-19 di Tanah Air. Penambahan itu menyebabkan jumlah kasus COVID-19 di Indonesia kini mencapai 232.628 orang, terhitung sejak diumumkannya pasien pertama terinfeksi virus corona pada 2 Maret 2020 lalu.

Tak sampai di situ, dalam sehari setidaknya ada ada penambahan 2.585 pasien COVID-19 yang sembuh dan dianggap tidak lagi terinfeksi virus corona. Dengan demikian, total pasien yang sembuh dari COVID-19 mencapai 166.686 orang. Sedangkan pasien yang meninggal mencapai 9.222 orang.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait