Pandemi COVID-19 Belum Terkendali, Indonesia Pastikan Tetap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20
Nasional

Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-21 pada 2021 mendatang, padahal saat ini pandemi COVID-19 masih menghantui. Namun pemerintah menegaskan semua tetap berjalan sesuai rencana.

WowKeren - Sedianya ada beberapa ajang olahraga internasional yang menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah. Salah satunya Piala Dunia U-20 yang semestinya diadakan pada 2021 mendatang dan belakangan dipertanyakan karena sedang pandemi COVID-19.

Namun Staf Khusus Presiden Bidang Sosial, Angkie Yudistia, menegaskan bahwa Piala Dunia U-20 akan tetap diselenggarakan di Indonesia pada 2021 mendatang. Pasalnya yang berhak menentukan jadi atau tidaknya ajang tersebut adalah Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

"Indonesia tidak memiliki otoritas dalam mengubah agenda karena kewenangan ada di FIFA," kata Angkie dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/9). "Namun, pemerintah terus berkomunikasi dengan FIFA untuk memantau setiap perkembangan dan kemungkinan, terutama di situasi pandemi COVID-19 kali ini."

Merujuk pada jadwal FIFA, seharusnya Piala Dunia ini berlangsung pada 20 Mei sampai 21 Juni 2021. Dan karena sejauh ini tidak ada perubahan jadwal, pemerintah pun tetap mempersiapkan ajang Piala Dunia secara optimal.


Presiden Joko Widodo sendiri, imbuh Angkie, sudah menerbitkan Keppres Nomor 19 Tahun 2020 sebagai petunjuk susunan kepanitiaan. Mulai dari panitia pengarah dan panitia pelaksana sudah diatur di sana, dan dilanjutkan dengan terbitnya Inpres Nomor 8 Tahun 2020.

"Di mana regulasi ini mengatur pembagian tugas penyelenggaraan," terang Angkie, dilansir dari Tempo. "Mulai dari kementerian, TNI, Polri, Badan Pemeriksa Keuangan, Jaksa Agung, hingga ke Pemerintah Daerah, baik Gubernur hingga Wali Kota."

Beleid yang disebutkan Angkie sudah diteken Jokowi pada Selasa (15/9) kemarin. Tujuannya untuk mendorong jajaran kepanitiaan terkait untuk bergerak, terutama dalam mempersiapkan tempat latihan para kontingen dan venue pertandingan.

Namun tentu saja pemerintah Indonesia akan memastikan pelaksanaan Piala Dunia U-20 nanti berlangsung sesuai protokol COVID-19 yang berlaku. Sehingga harapannya tak timbul lonjakan kasus positif karena belum ada kepastian pandemi mereda pada waktu pelaksanaan.

"Jika, pelaksanaan ini berlangsung sesuai agenda yang ditetapkan, maka pemerintah memastikan Piala Dunia 2021 yang digelar di Indonesia akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin," tegas Angkie. "Untuk menjamin kenyamanan bagi seluruh kontingen maupun pihak yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung selama perhelatan berlangsung."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait