Bisa Jadi Sampingan Saat Pandemi, Ini 8 Tips Memulai Karier sebagai Content Writer
SerbaSerbi
COVID-19 di Indonesia

Freelance content writer bisa menjadi pekerjaan yang cukup menarik daripada menghabiskan waktu hanya dengan rebahan selama pandemi virus Corona. Jika berminat, sebaiknya ikuti beberapa tipsnya dalam artikel berikut ini.

WowKeren - Demi meminimalisir penyebaran virus Corona, masyarakat diimbau untuk tetap berada di dalam rumah dan tidak keluar jika tidak ada keperluan mendesak. Akibatnya, beberapa kebijakan baru mulai diberlakukan seperti sekolah, kuliah dan bekerja dari rumah.

Menghabiskan terlalu banyak waktu di dalam rumah tentu saja bisa membuat kita bosan. Akibatnya, kebiasaan seperti rebahan akan menjadi rutinitas sehari-hari. Tidak salah memang, namun alangkah lebih baik jika kita menghabiskan waktu dengan aktivitas yang lebih produktif. Salah satunya adalah menulis atau merintis karier menjadi seorang freelance content writer.


Di era digital seperti saat ini, pekerjaan tersebut menjadi salah satu yang paling diminati karena beberapa keuntungan yang dimilikinya. Terlebih di tengah pandemi virus Corona, karena kita tak hanya menghabiskan waktu dengan lebih produktif, namun juga mendapat penghasilan tambahan dari tulisan-tulisan kita.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan memberikan beberapa tips memulai karier sebagai content writer yang bisa segera kalian terapkan. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Pilih Jenis Tulisan


Pilih Jenis Tulisan

Ruang lingkup penulisan konten sangatlah luas, seperti menulis blog, menulis konten SEO, menulis situs web, copywriting, podcast, scriptwriting, video scriptwriting, penulisan akademik dan masih banyak lagi. Karena lingkupnya yang sangat luas, sebaiknya fokuskan tulisanmu pada jenis konten tertentu yang sesuai dengan minat atau keahlianmu.

Untuk memunculkan ide yang menarik dan kekinian, kamu bisa menggunakan alat kurasi konten untuk mengetahui apa yang sedang tren. Setelah menemukan topik yang sesuai, pastikan untuk memeriksa konten lain dengan topik serupa. Agar terlihat unik, usahakan tulisanmu berbeda dengan yang lain melalui sudut pandang baru, nada dan format yang berbeda serta informasi yang lebih update atau actionable.

2. Perbanyak Bahan Bacaan


Perbanyak Bahan Bacaan

Menumbuhkan budaya membaca sangat penting dilakukan untuk memperluas cakrawala pengetahuan. Terlebih jika kamu ingin memulai karier sebagai content writer, sebab membaca dan menulis merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Agar dapat menulis dengan baik, kamu harus membaca materi sebanyak mungkin seperti buku, artikel, jurnal maupun bacaan lain untuk menambah wawasan. Karena semakin banyak wawasan yang kamu miliki, semakin banyak juga stok informasi yang dapat kamu tuangkan ke dalam tulisan. Dengan begitu, kamu bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas dan bervariasi.

3. Rajin Melakukan Riset


Rajin Melakukan Riset

Tips berikutnya yang harus kalian terapkan adalah rajin melakukan riset. Hal ini penting dilakukan untuk mendukung kualitas tulisanmu nantinya, sehingga tidak asal copy paste saja. Sebelum memulai, sebaiknya pahami apa yang ingin kamu tulis terlebih dahulu. Misalnya apa tujuanmu menulis, format apa yang ingin dibuat hingga target pembaca yang kamu inginkan.

Setelah itu mulai riset dengan membaca untuk menambah informasi. Pastikan informasi yang kamu dapatkan benar-benar akurat, up to date dan aktual agar dapat dipertanggungjawabkan jika terjadi masalah nantinya. Hal ini juga penting dilakukan agar kamu dan editor tidak kebobolan menerbitkan artikel yang tidak sesuai dengan fakta.

4. Cari Kosakata Baru Beserta Artinya


Cari Kosakata Baru Beserta Artinya

Bagi penulis, menguasai banyak kosakata adalah sesuatu yang harus dilakukan agar tulisan yang kita hasilkan nantinya lebih berkualitas dan berwarna. Usahakan untuk membuat paragraf yang kaya akan kata-kata agar tidak terdengar monoton dan lebih menarik untuk dibaca. Kamu bisa menggunakan kata yang berbeda meski memiliki makna yang sama.

Oleh sebab itu, jangan malas mencari, menggunakan dan memahami kosakata baru untuk dituangkan dalam setiap tulisanmu. Nah salah satu caranya adalah dengan memperbanyak bacaan dari tulisan orang lain.

5. Tingkatkan Kemampuan Menulis Setiap Hari


Tingkatkan Kemampuan Menulis Setiap Hari

Karena inti dari pekerjaan content writer adalah menulis, yang perlu kamu lakukan adalah selalu mengasah kemampuanmu untuk menghasilkan sebuah konten. Pastikan untuk melatih dirimu menulis sesering mungkin saat memiliki waktu luang setiap harinya. Semakin sering menulis, maka kamu akan semakin terbiasa dan lama kelamaan hasil tulisanmu akan menjadi lebih baik.

Bila perlu, tetapkan target harian yang mencakup jumlah kata serta durasi yang diperlukan selama menulis. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui perkembangan tulisanmu hari demi hari. Selain itu, otak juga akan semakin terlatih untuk terus berpikir dan menghasilkan berbagai konten baru yang menarik.

6. Bergaul dengan Orang yang Memiliki Minat Sama


Bergaul dengan Orang yang Memiliki Minat Sama

Tujuan dari tips satu ini tentu saja agar kamu semakin termotivasi dalam menghasilkan tulisan yang berkualitas. Kamu bisa menemukan orang-orang dengan minat serupa di berbagai komunitas online maupun offline. Kamu juga bisa mengikuti seminar maupun kelas online untuk menambah wawasan dalam dunia literasi.

Bila perlu, mulailah berdiskusi dengan mereka untuk membahas topik tertentu. Hal ini diperlukan untuk menambah wawasan serta agar kamu bisa memandang permasalahan dari sudut pandang yang berbeda. Dengan begitu, kamu dapat menghasilkan konten yang lebih informatif dan mudah dipahami oleh pembaca.

7. Datangi Tempat-Tempat Baru


Datangi Tempat-Tempat Baru

Tips satu ini tentunya akan sangat menyenangkan untuk dilakukan. Selagi melakukan riset, kamu bisa mendatangi berbagai tempat baru untuk mendalami informasi dari konten yang akan dibuat. Dengan terjun langsung ke lapangan, kamu bisa menghasilkan tulisan yang lebih nyata dan akurat. Selain itu, kunjungan lapangan juga bisa membuat otak menjadi lebih fresh sehingga berbagai ide menarik akan menghampiri.

8. Terbuka Menerima Saran dan Kritik


Terbuka Menerima Saran dan Kritik

Tips terakhir ini tentu tak bisa diabaikan begitu saja. Meskipun terkadang terasa pedas, kritik dan saran dari pembaca merupakan kesempatan baik yang kamu terima untuk mengembangkan tulisan. Melalui komentar mereka, kamu bisa berbenah untuk memperbaiki tulisanmu yang akan datang. Dengan begitu, kariermu sebagai content writer akan mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik.

Demikian delapan tips memulai karier sebagai content writer yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa aplikasi gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan bakat menulis. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini jika berminat memulai usaha frozen food di tengah pandemi Corona.

You can share this post!

Related Posts