Tingkat Kematian Tinggi, Pemerintah Prioritaskan Distribusi Vaksin ke 2 Wilayah Ini
AFP/Andrew Caballero-Reynolds
Nasional

Vaksinasi juga akan diprioritaskan kepada kalangan tertentu khususnya petugas medis seperti dokter dan perawat. Sebab, profesi ini dianggap lebih rentan terpapar COVID-19

WowKeren - Produksi massal vaksin COVID-19 tampaknya akan segera dilakukan. Nantinya, pendistribusian vaksin ini juga harus dilakukan dengan perencanaan.

Hal ini mengingat produksi vaksin dilakukan secara bertahap sehingga distribusinya juga harus tepat. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan ada dua wilayah yang akan diprioritaskan oleh pemerintah untuk distribusi vaksin ini.

Ia menuturkan, sebelum vaksin COVID-19 didistribusikan secara luas maka Jawa dan Bali adalah wilayah yang akan didahulukan. Sebab, angka kasus baru dan juga tingkat kematian di kedua pulau tersebut sangat tinggi.

"Kemudian nanti lebih luas lagi," ungkap Luhut dalam konferensi pers virtual, Jumat (18/9). "Tapi saya kira yang pertama Jawa-Bali, karena sumber COVID-19 paling banyak di daerah ini."


Vaksinasi juga akan diprioritaskan kepada kalangan tertentu khususnya petugas medis seperti dokter dan perawat. Sebab, profesi ini dianggap lebih rentan terpapar COVID-19 mengingat setiap hari mereka berjibaku merawat para pasien yang terinfeksi virus corona.

"Yang pertama petugas kesehatan. Itu akan didapatkan," ungkap Luhut. "Sehingga jangan sampai ada lagi dokter kita, atau perawat kita jadi korban COVID-19 ini. Jadi saya kira itu top priority kita adalah itu."

Rencananya, sebanyak 30 juta dosis vaksin dari Tiongkok dan juga Uni Emirat Arab (UEA) masuk ke Indonesia pada awal Desember 2020. "Jadi pemerintah sudah menyiapkan baik itu, KASAD, maupun Polri untuk unsur-unsur kesehatan kita untuk melakukan injeksi di tempat-tempat yang diprioritaskan terutama di bagian kesehatan dan pembantunya," tuturnya.

Lalu selanjutnya di tahun 2021, pemerintah menargetkan untuk bisa mendistribusikan 270 juta dosis vaksin ke seluruh Indonesia. "Mungkin akan lebih dari angka itu," pungkas Luhut.

Untuk memastikan distribusi vaksin COVID-19 bisa merata ke seluruh Indonesia, Kementerian Perhubungan tengah merancang rutenya. Untuk rencana ini, pemerintah akan bekerja sama dengan berbagai pihak. Pemerintah akan menggunakan jalur tol laut dan tol udara untuk pendistribusian vaksin di wilayah Indonesia timur dan barat.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait