Big Hit Singgung Perlakuan Rasis Terhadap BTS Gara-Gara COVID-19
Selebriti

Big Hit Entertainment menyinggung tentang perlakuan rasis yang diterima BTS karena pandemi COVID-19 dalam majalah yang mereka luncurkan melalui aplikasi Weverse.

WowKeren - Setelah muncul di majalah yang tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia, BTS (Bangtan Boys) sekarang menjadi topik utama dalam majalah yang dibuat oleh agensi mereka sendiri, Big Hit Entertainment. Majalah menyinggung tentang perlakuan rasis yang diterima RM (Rap Monster) karena pandemi COVID-19.

Aplikasi Weverse telah meluncurkan Majalah Weverse dengan dua cerita mendalam tentang BTS yakni "Behind The Success Of 'Dynamite'" dan "BTS & ARMY, We Walk Together". Kisah pertama adalah tentang pentingnya kesuksesan "Dynamite", dan yang kedua adalah tentang pengalaman bersama BTS dan ARMY selama pandemi COVID-19.

Bagi banyak orang, termasuk BTS, pandemi adalah pedang bermata dua. Tanpa itu, "Dynamite" dan semua pencapaian bersejarahnya tidak akan ada. Para member tidak akan dapat memulihkan kesehatan fisik dan mental mereka melalui istirahat, dan mereka tidak akan memiliki banyak waktu untuk mengerjakan musik baru.

Di sisi lain, pandemi telah menghilangkan apa yang benar-benar disukai BTS yaitu tampil untuk ARMY. RM mengatakan, "Selama promosi (untuk 'MAP OF THE SOUL: 7'), aku merasa tidak berdaya. Bahkan ketika aku berkeringat, tidak terasa seperti keringat (dan) kadang-kadang ketika aku di rumah setelah menyelesaikan pertunjukan lebih awal dari biasanya, aku merasa seperti baru meledak dengan amarah seperti orang gila."

Ketakutan dan kesalahpahaman tentang asal-usul COVID-19 juga telah memicu serangan bermotif rasial, baik verbal maupun fisik, terhadap orang-orang Asia. BTS sendiri telah menjadi korban diskriminasi ini.


Majalah Weverse menyoroti satu insiden khusus yang terjadi ketika BTS mengunjungi SiriusXM pada Februari. Pembawa acara Howard Stern dari The Howard Stern Show mengungkapkan bahwa penulis SiriusXM Sal Governale membuat komentar rasis tentang BTS yang terkena virus corona. "Tidak mungkin orang-orang itu tidak terkena virus corona," kata Sal Governale, dikutip oleh Howard Stern.

Sebagai tanggapan, Howard Stern dan produser Gary Dell'Abate menanggapi komentar atas nama BTS dan orang-orang Asia di mana pun. "Setiap selebritis yang masuk melalui pintu SiriusXM melakukan perjalanan ke seluruh dunia, tidak hanya orang Asia," kata mereka.

Majalah Weverse juga menyelidiki kematian George Floyd, sikap BTS terhadap rasisme, dan sumbangan USD 1 juta dari grup tersebut untuk gerakan Black Lives Matter yang kemudian dicocokkan jumlahnya oleh ARMY.

"Pada 4 Juni (KST), BTS membuat pernyataan yang jelas menentang diskriminasi rasial dan menyuarakan dukungan mereka untuk gerakan BLM. Ketika BTS mendonasikan USD 1 juta kepada Black Lives Matter Foundation, OIAA (One In An ARMY), seorang penggemar berbasis grup penggalangan dana amal, mulai mengumpulkan dana menggunakan tagar #MatchAMillion pada 6 Juni (EST)."

Majalah menunjukkan bahwa saat-saat gelap bisa menghasilkan yang terburuk tetapi juga yang terbaik dalam kemanusiaan. Alih-alih memikirkan hal-hal negatif, BTS berusaha untuk menjadi cahaya dengan membawa kepositifan, cinta dan perubahan di 2020.

(wk/chus)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru