Sering Dianggap Sepele, Ini 7 Gejala Awal Kanker Usus yang Patut Diwaspadai
Health

Kanker usus menjadi salah satu penyakit yang paling umum terjadi serta dapat menyerang orang yang berusia lanjut maupun mereka yang lebih muda. Karena itu sebelum terlambat, sebaiknya mulai kenali gejalanya yang tampak sepele berikut ini.

WowKeren - Kanker usus adalah jenis kanker yang menyerang usus besar yang merupakan bagian akhir dari saluran pencernaan. Kebanyakan kasus dimulai dengan munculnya tumor jinak dari sel yang disebut dengan polip adenomatosa. Seiring dengan berkembangnya waktu, polip tersebut dapat berubah menjadi kanker usus besar.

Kanker usus menjadi salah satu penyakit yang paling umum terjadi di Indonesia maupun dunia. Sayangnya, gejala dari penyakit ini sulit dikenali karena tanda-tandanya mirip dengan gangguan pencernaan biasa. Karena itulah rata-rata orang baru mengetahui terkena kanker usus saat telah memasuki stadium akhir.

Anda pasti tak ingin hal itu sampai terjadi kan? Oleh sebab itu, sebaiknya ketahui beberapa gejala awal kanker usus yang harus diwaspadai sedini mungkin. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Sakit Perut


Sakit Perut

Sakit perut adalah keluhan yang dialami oleh hampir setiap orang, karena itulah mereka cenderung tak menganggapnya serius. Namun jika Anda sering merasakan sakit perut yang tidak biasa dengan nyeri intens dan dalam durasi yang lama, sebaiknya bersikaplah waspada karena keluhan tersebut bisa saja menjadi gejala kanker usus.

Apalagi jika gejala tersebut disertai dengan refluk asam lambung yang berlangsung terus menerus dalam waktu yang lama. Kondisi ini disebabkan karena tumor dapat memicu penyumbatan dan meningkatkan cadangan asam. Karena itulah jika Anda sudah merasakan dua gejala ini sebaiknya segera periksakan ke dokter.

2. Terdapat Darah dalam Tinja


Terdapat Darah dalam Tinja

Darah yang terdapat dalam tinja tak hanya menjadi gejala wasir atau gangguan pada saluran pencernaan, namun juga bisa menjadi ciri-ciri kanker usus besar. Darah tersebut umumnya keluar bersama dengan tinja berwarna gelap yang disertai dengan sakit perut hebat.

Jika mengalami hal ini lebih dari tiga kali berturut-turut, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter. Biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kolonoskopi untuk melihat ada tidaknya polip atau tumor di dalam usus.

3. Berat Badan Merosot Tajam


Berat Badan Merosot Tajam

Penurunan berat badan secara drastis dan mendadak juga bisa menjadi indikasi kanker usus stadium lanjut. Kondisi ini biasanya dibarengi dengan masalah BAB dan nyeri perut yang hebat dan tak tertahankan.

Kondisi ini sendiri dipengaruhi oleh masalah diare berkepanjangan yang dialami oleh penderita. Karena itulah jangan ragu untuk menceritakan masalah tersebut saat Anda memeriksakan diri ke dokter.

4. Terjadi Perubahan dalam Kebiasaan Buang Air Besar


Terjadi Perubahan dalam Kebiasaan Buang Air Besar

Perkembangan sel kanker di usus dapat mempengaruhi frekuensi buang air besar seperti diare dan sembelit yang terjadi lebih dari empat minggu. Kondisi ini sendiri disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang menghambat jalur pengeluaran tinja atau feses.

Awalnya kotoran kita bertekstur lembut dan dapat bermanuver dengan lancar, namun jika ada tumor di ujung rektum, kotoran tersebut bisa menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan. Terlebih jika kotoran yang Anda keluarkan memiliki bentuk aneh dan berukuran setipis pensil, maka itu tandanya sudah tidak normal sehingga Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.

5. Mengalami Anemia Tanpa Sebab


Mengalami Anemia Tanpa Sebab

Anemia merupakan suatu kondisi ketika jumlah sel darah merah dalam tubuh mengalami penurunan. Di antara ciri khas penderita anemia adalah kepala terasa pusing, badan mudah lelah, jantung berdebar, kulit pucat, sesak nafas dan sebagainya.

Pada penderita kanker usus, anemia dapat terjadi karena mereka sering mengalami BAB berdarah. Kondisi ini dapat menyebabkan produksi sel darah merah berkurang, sehingga cadangan zat besi dalam tubuh akan terkuras.

6. Sering Muntah


Sering Muntah

Muntah memang salah satu kondisi yang umum terjadi dan bisa dialami oleh siapapun. Dalam kondisi normal, muntah dapat disebabkan oleh mabuk perjalanan, infeksi virus atau karena mencium aroma tak sedap. Namun bila Anda muntah disertai dengan sembelit, diare, sakit perut akut dan BAB berdarah, bisa jadi itu adalah ciri-ciri kanker usus.

Panderita kanker usus biasanya mengalami muntah karena pertumbuhan tumor yang menyumbat usus dapat mengganggu padatan, cairan maupun gas di dalam usus. Ketika zat yang ada di dalam usus tersumbat, penderita akan mengalami sakit perut tak tertahankan yang disertai dengan mual dan muntah. Namun gejala tersebut juga bisa menjadi ciri penyakit lain seperti wasir atau infeksi saluran pencernaan. Untuk itu, Anda perlu memastikannya ke dokter agar segera dilakukan pengobatan.

7. Mudah Lelah


Mudah Lelah

Mudah lelah merupakan ciri berikutnya dari penyakit usus besar. Kondisi ini disebabkan karena terjadinya pendarahan ringan pada polip yang dapat menimbulkan perasaan lelah dalam waktu yang lama. Selain itu, perasaan lelah juga bisa terjadi karena efek samping dari perkembangan sel kanker yang menelan energi tubuh.

Demikian tujuh gejala awal kanker usus yang patut diwaspadai. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tanda awal kanker ovarium yang sering diabaikan wanita. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui gejala awal kanker paru-paru yang harus diwaspadai.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait