Siap-siap! Arab Saudi Buka Kegiatan Ibadah Umrah Mulai 4 Oktober
Dunia

Arab Saudi akan kembali membuka kegiatan ibadah umrah mulai 4 Oktober 2020 mendatang. Kegiatan ibadah akan dibuka untuk 6.000 jamaah lokal dan domestik yang berada di wilayah kerajaan.

WowKeren - Arab Saudi menyatakan akan membuka kegiatan ibadah umrah mulai 4 Oktober 2020 mendatang. Keputusan tersebut disampaikan oleh Kementerian Dalam Negeri Arab pada Selasa (22/9) waktu setempat.

Pembukaan ini dilakukan setelah kegiatan ibadah tersebut ditangguhkan pada Maret lalu karena pandemi virus corona. Rencananya pembukaan ibadah umrah tersebut dilakukan secara bertahap.

Pada tahap pertama, kegiatan ibadah akan dibuka untuk 6.000 jamaah. "6.000 warga dan penduduk di kerajaan akan diizinkan untuk melakukan umrah per hari mulai 4 Oktober," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh Kantor Pers Saudi dilansir AFP, Rabu (23/9).


Sementara itu, untuk pengunjung dari luar kerajaan rencananya diizinkan mulai 1 November, ketika kapasitas umrah ditingkatkan menjadi 20 ribu jamaah per hari. Kementerian menyatakan keputusan untuk melanjutkan umrah dilakukan sebagai tanggapan atas aspirasi umat Islam di dalam dan luar negeri.

Sebelumnya, sinyal pembukaan kembali ibadah umrah ini telah diberikan oleh Arab Saudi setelah kerajaan mencabut sebagian penangguhan penerbangan internasional mulai Selasa (15/9) lalu. Keputusan ini juga menindaklanjuti keberhasilan pelaksanaan haji terbatas yang dilaksanakan pada bulan Juli lalu.

Dimana pada pelaksanaan haji terbatas hanya ada 10.000 umat yang diperbolehkan melakukan ibadah haji tahunan. Padahal tahun lalu, 2,5 juta umat yang berpartisipasi dalam ziarah itu.

Meski begitu, pelaksanaan umrah bertahap ini hanya dikhusukan untuk jemaah domestik atau warga negara asing yang sudah berada di wilayah Kerajaan. Para jemaah pun wajib memenuhi syarat dan ketentuan tertentu seperti membawa sertifikat medis untuk menunjukkan bahwa mereka dinyatakan negatif virus corona.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts