Jangan Sembarangan! Begini Cara Aman Simpan Masker Kain Kalau Dilepas Saat Keluar Rumah
Health
Pandemi Virus Corona

Ketika hendak makan atau minum, tentu saja masker yang dipakai harus dilepaskan sejenak. Dan diperlukan kiat khusus untuk menyimpan masker ini, seperti penjelasan berikut.

WowKeren - Otoritas kesehatan di berbagai belahan dunia selalu mengingatkan soal pentingnya pemakaian masker selama pandemi COVID-19. Bahkan ketika masker yang dipakai berbahan dasar kain, tetap dianggap jauh lebih baik ketimbang tak mengenakannya sama sekali.

Namun pemakaian hingga penyimpanan masker yang tidak tepat malah berpotensi untuk menyebarkan penyakit. Oleh karenanya, diperlukan wawasan untuk menyimpan masker, terutama ketika harus melepaskannya kala sedang berada di luar rumah.

Sebagai informasi, melepaskan masker yang dimaksud di sini adalah ketika harus makan atau minum. Jadi hanya melepaskan masker kain dalam jangka waktu singkat alih-alih dilepaskan sepenuhnya.

Lantas bagaimana cara menyimpan masker yang tepat ini? Seorang Guru Besar bidang Epidemiologi dari George Washington University Milken Institute School of Public Health, Amanda Castel, membeberkan dua alternatif cara sederhana agar masker tetap tersimpan dengan rapi.

Alternatif pertama adalah selalu membawa kantong kertas kecil yang muat dimasukkan dalam tas. Ketika hendak melepaskan sejenak maskernya, maka bisa dimasukkan ke kantong tersebut sebelum diletakkan di dalam tas.


"Jangan pernah menaruh masker begitu saja tanpa kantong," ungkap Castel. "Karena partikel virus yang mungkin menempel pada masker bisa tersebar ke semua barang di dalam tas."

Kemudian yang kedua, bisa dengan membawa tas plastik zip-lock alias dengan pengunci di bagian penutupnya. Tas dengan pengunci kedap udara ini tentu lebih aman untuk menyimpan masker dan mudah dimasukkan ke tas atau ditenteng dengan tangan.

"Pertimbangkan untuk membawa tas kecil yang bisa ditutup," tegas Castel, menjelaskan inti saran yang ia sampaikan. "Supaya masker tetap bersih, kering, dan tidak rusak."

Posisi saat menyimpan masker pun harus diperhatikan. Castel menyarankan agar selalu melepas masker dengan cara memegang bagian talinya dan pastikan selalu mencuci tangan atau memakai hand sanitizer sebelum melepasnya.

Setelah dilepas, lipat masker jadi dua bagian. Pastikan area yang kontak langsung dengan mulut berada di lapisan dalam. Bersihkan kembali kedua tangan jika ingin minum atau makan setelahnya.

"Selalu jaga masker tetap bersih," pungkas Castel. "Dan cuci tangan sebelum dan setelah melepas masker untuk mengurangi risiko transmisi virus."

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts