Ada Kuota 200 Ribu, Kartu Pra Kerja Gelombang 10 Dibuka Besok
Nasional
Kartu Pra Kerja

Namun tidak menutup kemungkinan jika penyaringan peserta akan melebihi 200 ribu orang karena sebelumnya PMO Kartu Pra Kerja sempat menggugurkan 180.000 orang peserta

WowKeren - Pendaftaran Program Kartu Pra Kerja untuk gelombang 10 akan segera dibuka. Rencananya, gelombang 10 ini akan dibuka mulai Kamis (24/9) besok dengan total kuota 200 ribu orang.

"Belum diputuskan," ujar Head of Communication Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Pra Kerja Louisa Tuhatu dilansir CNN Indonesia, Rabu (23/9). "Tapi mungkin Kamis."

Adapun kuota 200 ribu orang ini berasal dari jumlah peserta yang sudah dijaring sebanyak 4,6 juta orang pada gelombang 1 sampai gelombang 8. Lalu ditambah dengan pendaftar gelombang 9 yang jumlahnya 800.000 orang.

Dengan begitu, jumlah kuota yang terisi menjadi 5,4 juta orang. Sementara itu, target peserta untuk Kartu Pra Kerja adalah 5,6 juta orang. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan jika penyaringan peserta akan melebihi 200 ribu orang.


Hal ini disebabkan karena sebelumnya PMO Kartu Pra Kerja sempat menggugurkan 180.000 orang peserta. Kendati demikian, masih belum ada pernyataan resmi terkait penggantian kuota ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, PMO Kartu Pra Kerja mengaku sudah mengembalikan sampai Rp 6,39 triliun dari anggaran insentif program tersebut kepada kas negara. Hal ini dilakukan lantaran PMO sudah mencabut 180 ribu status kepesertaan peserta Kartu Pra Kerja.

Berdasarkan hasil evaluasi dan monitoring, terungkap bahwa 180 ribu peserta ini kebanyakan minim literasi teknologi. Lalu ditambah dengan PMO yang kurang melakukan sosialisasi terhadap program yang ada.

Sementara itu, kepesertaan Kartu Pra Kerja sendiri juga bisa hangus. Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Pra Kerja Denni Puspa Purbasari menyampaikan jika peserta tidak segera membeli paket pelatihan dalam kurun waktu tertentu maka bisa hangus kepesertaannya.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts