Dinilai Jadi Alternatif Aman Saat Pandemi, Ini 7 Keunggulan Wisata Road Trip Yang Perlu Diketahui
pxhere.com
Travel

Road trip dianggap lebih aman daripada jalan-jalan saat pandemi karena menggunakan kendaraan pribadi. Saat menaiki mobil pribadi, kalian bisa menghindari interaksi dengan banyak orang. Namun banyak orang yang masih meremehkan alternatif satu ini.

WowKeren - Bepergian atau berwisata ketika pandemi COVID-19 masih berlangsung memang sangat tak dianjurkan. Hal ini karena beberapa orang yang kalian temui saat bepergian mungkin saja membawa virus tersebut. Namun, jika memang sangat ini bepergian, road trip bisa kalian jadikan sebagai alternatif.

Road trip atau bepergian melalui jalur darat dengan menggunakan mobil bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin melepas penat sejenak. Road trip dianggap lebih aman daripada jalan-jalan saat pandemi karena menggunakan kendaraan pribadi. Saat menaiki mobil pribadi, kalian bisa menghindari interaksi dengan terlalu banyak orang.

Namun banyak orang yang masih meremehkan alternatif satu ini. Beberapa orang menyebut bahwa road trip sangat membosankan dan efisien seperti bepergian dengan pesawat atau kereta api. Meski butuh banyak persiapan, road trip ternyata memiliki banyak keunggulan loh. Apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 7 keunggulannya. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Minim Pengeluaran


Minim Pengeluaran
pxhere.com

Karena menggunakan mobil yang bisa menampung banyak orang sekaligus, road trip tentu saja lebih minim pengeluaran ketimbang transportasi umum. Meskipun soal budget tetap sangat bergantung pada bagaimana kalian mengatur perencanaan road trip.

Namun, melakukan traveling dengan road trip relatif lebih hemat dikarenakan urusan biaya transport bisa kamu bagi dengan jumlah rombongan kalian. Selain itu, kalian juga bisa membagi biaya lain seperti bahan bakar atau persediaan makanan dengan rombongan kalian.

2. Kesempatan Eksplor Destinasi Baru Lebih Luas


Kesempatan Eksplor Destinasi Baru Lebih Luas
pxhere.com

Salah satu keuntungan utama dari liburan ala road trip adalah dapat mengeksplorasi tempat tanpa batas. Keseruan yang kalian dapatkan selama perjalanan darat tentunya dapat menjelajah kawasan tersebut sepuasnya.

Hal ini tentunya berbeda jika menggunakan transportasi umum seperti kereta, bus, maupun pesawat. Jika kalian melalui perjalanan darat dan menggunakan kendaraan pribadi, kalian bisa berhenti kapanpun dan dimanapun yang kalian suka. Sehingga potensi mengeksplor beberapa tempat menjadi jauh lebih besar.

3. Kenalan Dengan Banyak Kuliner Khas Berbagai Daerah


Kenalan Dengan Banyak Kuliner Khas Berbagai Daerah
pxhere.com

Kuliner tentu saja menjadi hal prioritas dalam melakukan perjalanan apapun, termasuk road trip. Salah satu keuntungan melakukan perjalanan road trip adalah kalian dan rombongan bisa mencicipi berbagai makanan khas daerah yang sedang kalian lewati.

Hal ini bisa terjadi hanya karena kalian bisa berhenti kapanpun dan dimanapun yang diinginkan. Selain itu, kalian juga bisa mampir walau hanya sekedar ingin beristirahat atau membeli oleh-oleh. Keseruan ini tentunya enggak bisa kalian dapatkan jika berlibur menggunakan transportasi umum kan?

4. Lebih Fleksibel


Lebih Fleksibel
pxhere.com

Sekali lagi, berbeda dengan menggunakan transportasi umum yang notabene memiliki jadwal yang ketat, perjalanan road trip justru sebaliknya. Kalian dan keluarga bisa menikmati waktu bersama selama yang kalian inginkan. Kalian bisa berlibur dengan bebas dan fleksibel tanpa terikat waktu dan aturan.

Selain itu, dengan melakukan road trip tentu saja kalian bisa semakin leluasa menjelajah tempat-tempat di luar dari rencana. Pastinya ada kemungkinan kalian menemukan tempat wisata baru yang seru dan belum banyak diketahui orang lainnya. Seru banget kan?

5. Penuh Tantangan dan Kejutan


Penuh Tantangan dan Kejutan
pxhere.com

Jadwal perjalanan memang seharusnya sudah disusun sedemikian rupa agar kalian bisa menikmati road trip sepenuhnya. Tapi apa daya, kadang perjalanan enggak selalu berjalan sesuai rencana. Mulai dari macet, ada ruas jalan yang ditutup, cuaca buruk, sampai kendaraan ngadat atau ban pecah.

Apalagi ditambah tubuh yang lelah, bikin kamu pengen menumpahkan sumpah serapah. Tapi semua itu memang enggak bisa dihindari dan justru jadi nilai lebih road trip. Nikmati saja semua itu sebagai bagian dari perjalanan. Pada akhirnya, pengalaman ini bakal jadi sesuau yang lucu untuk dikenang kan?

6. Membangun Kenangan Indah


Membangun Kenangan Indah
pxhere.com

Jika naik transportasi umum, kalian pasti enggak bisa bebas berekspresi karena harus memikirkan penumpang lain. Namun, lain halnya kalau melakukan road trip yang notabene keluarga atau teman dekat kalian sendiri. Obrolan yang kalian lontarkan sepanjang jalan memang seru, lucu, bahkan mencerahkan.

Tapi, kadang perjalananmu gak selalu perlu dilalui dengan keriuhan. Sesekali, keheningan atau adu argumen juga bisa terjadi. Selain itu ada juga momen di mana suasana dalam mobil jadi hening karena kelelahan. Kalian tinggal menikmati keheningan berari merasakan kedamaian di tengah kacaunya petualangan kalian.

7. Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab


Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab
pxhere.com

Sekali lagi, melakukan road trip memang harus persiapan yang matang. Kalian engak bisa asal jalan. Sama halnya dengan persiapan kendaraan kalian. Penting banget buat merawatnya sebelum, selama, dan sesudah road trip biar perjalanan kini dan selanjutnya bisa berjalan lancar. Mempersiapkan kendaraan akan membuat kalian jadi lebih bertanggung jawab.

Selain itu, road trip juga memaksa kalian untuk berbagi ruang bagasi. Dari jumlah barang bawaan teman saja kamu bisa tahu, mana yang berempati, dan mana yang lebih memilih abai. Bersedia membawa barang seperlunya menunjukkan kepedulianmu pada yang lainnya.

Intip juga yuk tips aman saat road trip di tengah pandemi dalam artikel ini. Kalian juga bisa melihat beberapa tips dalam artikel ini agar liburan kalian berlangsung aman dan menyenangkan di era new normal.

You can share this post!

Related Posts